Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Taiwan Beri Sambutan Manis untuk Tiongkok

Selasa, 04 November 2008 – 09:20 WIB
Taiwan Beri Sambutan Manis untuk Tiongkok - JPNN.COM
TAIPEI - Tiongkok dan Taiwan menorehkan sejarah baru dalam hubungan kedua negara. Senin (3/11) negosiator top Tiongkok Daratan mendarat di Tiongkok untuk kali pertama sejak puluhan tahun terakhir. Namun, sebagian rakyat Taiwan malah menyambutnya dengan demonstrasi.

Dalam kunjungan tersebut, rombongan Tiongkok dipimpin oleh Chen Yunlin, pejabat tertinggi yang pernah mendarat di Taiwan dalam beberapa dekade terakhir. Rencananya, Chen berada di Taiwan hingga Jumat nanti (7/11). Meskipun dalam kurun waktu relatif singkat, beberapa agenda penting diharapkan bisa terlaksana. Yakni, penandatanganan kesepakatan pengiriman kargo, penerbangan langsung yang menghubungkan kedua wilayah, dan kerja sama finansial secara global.

"Es batu di antara kedua negara telah mencair. Jalan (yang menghubungkan keduanya) pun telah terbuka," ujar Wang Yi, kepala Kantor Hubungan Taiwan.

Sebelumnya, hubungan kedua negara sempat membeku sejak kedaulatan Taiwan diklaim Tiongkok Daratan. Hal itu terjadi pada 1949, ketika Partai Komunis yang dimotori Mao Zedong memenangi Perang Sipil di Tiongkok. Akibatnya, Partai Nasionalis Kuomintang (KMT) yang dipimpin Chiang Kai-shek hijrah ke Taiwan. Karena itu, Beijing bersumpah untuk merebut Taiwan kembali ke pangkuannya. Bila perlu, menggunakan kekerasan.

TAIPEI - Tiongkok dan Taiwan menorehkan sejarah baru dalam hubungan kedua negara. Senin (3/11) negosiator top Tiongkok Daratan mendarat di Tiongkok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA