Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Taiwan Paham Betul Cara Bikin Tiongkok Murka, Begini Salah Satunya

Selasa, 26 Mei 2020 – 12:11 WIB
Taiwan Paham Betul Cara Bikin Tiongkok Murka, Begini Salah Satunya - JPNN.COM
Presiden Taiwan Tsai Ing Wen. Foto: Reuters

jpnn.com, TAIPEI - Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen menyatakan akan memberi rakyat Hong Kong semua bantuan yang diperlukan dalam perjuangan mereka melawan otoritas Tiongkok.

Pernyataan tersebut dilontarkannya setelah ribuan orang warga Hong Kong memprotes rencana Beijing untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional yang baru.

Sejak tahun lalu, Taiwan telah berkali-kali bikin Tiongkok kesal dengan membantu para demonstran di Hong Kong. Taipei selama ini menjadi tempat perlindungan bagi semakin banyak demonstran prodemokrasi yang melarikan diri dari Hong Kong.

Menulis dalam laman Facebook-nya pada Minggu malam, Tsai mengatakan undang-undang yang diusulkan itu merupakan ancaman serius bagi kebebasan dan independensi peradilan Hong Kong.

Peluru dan penindasan bukan cara untuk merespons aspirasi rakyat Hong Kong untuk kebebasan dan demokrasi, tambahnya.

"Dalam menghadapi perubahan situasi, komunitas internasional telah secara proaktif mengulurkan bantuan kepada rakyat Hong Kong," tulis Tsai.

"Kami bahkan secara proaktif memberikan dukungan yang relevan, dan memberi orang-orang Hong Kong bantuan yang diperlukan", tulisnya.

Taiwan tidak memiliki undang-undang tentang pengungsi yang dapat diterapkan pada pengunjuk rasa Hong Kong yang mencari suaka di pulau itu. Hukumnya memang menjanjikan untuk membantu warga Hong Kong yang keselamatan dan kebebasannya terancam karena alasan politik.

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen menyatakan akan memberi rakyat Hong Kong semua bantuan yang diperlukan dalam perjuangan mereka melawan otoritas Tiongkok.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close