Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Berdaya Melawan Militer, Presiden Mali Terpaksa Lengser

Rabu, 19 Agustus 2020 – 15:57 WIB
Tak Berdaya Melawan Militer, Presiden Mali Terpaksa Lengser - JPNN.COM
Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita (kiri) dan istrinya Aminata Maiga Keita (kanan) berfoto saat kunjungan pribadi kepada Paus Fransiskus di Vatikan, Kamis (13/2/2020). Foto: ANTARA/REUTERS/REMO CASILLI/TM

jpnn.com, BAMAKO - Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita menyatakan mundur dari jabatannya dan membubarkan parlemen beberapa jam setelah tentara pemberontak menahannya di bawah todongan senjata.

Terlihat lelah dan mengenakan masker bedah, Presiden Keita menyatakan mundur dalam pidato singkat yang disiarkan di stasiun TV pemerintah beberapa jam setelah pasukan menahannya bersama Perdana Menteri Boubou Cisse dan sejumlah pejabat tingi lainnya.

"Jika hari ini, elemen tertentu pasukan bersenjata kami ingin (pemerintahan) ini berakhir melalui intervensi mereka, apakah saya benar-benar mempunyai pilihan?" katanya dari pangkalan militer Kati di luar Ibu Kota Bamako, tempatnya ditahan, Selasa (18/8).

Tak segera diketahui pasti siapa yang memimpin pemberontakan tersebut, siapa yang memerintah selama Keita tidak ada atau apakah yang diinginkan oleh para pemberontak.

Gambar yang sebelumnya beredar di media sosial, yang katanya berada di garnisun Kati memperlihatkan Keita dan Cisse dikepung oleh tentara bersenjata. Reuters tak bisa memverifikasi keabsahan video tersebut.

Puluhan ribu pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di Bamako sejak Juni. Massa menyerukan agar Presiden Keita mundur, atas apa yang mereka anggap gagal menangani keamanan yang kian memburuk dan praktik korupsi.

Prancis dan negara besar lainnya serta Uni Afrika mengecam pemberontakan tersebut. Mereka khawatir bahwa lengsernya Presiden Keita dapat semakin mengguncang bekas koloni Prancis tersebut dan seluruh wilayah Sahel Afrika Barat. (ant/dil/jpnn)

Presiden Mali Ibrahim Boubacar Keita menyatakan mundur dari jabatannya dan membubarkan parlemen setelah disandera pasukan militernya sendiri

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close