Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Diundang ke Pertemuan Lembaga Tinggi Negara, MK Kecewa

Minggu, 06 Oktober 2013 – 12:12 WIB
Tak Diundang ke Pertemuan Lembaga Tinggi Negara, MK Kecewa - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva, menyayangkan langkah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak mengundang MK saat melakukan pertemuan dengan para pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Sabtu (5/10). Padahal, pertemuan itu yang dihadiri oleh pimpinan DPR, MPR, BPK, MA dan KY itu untuk membahas kondisi MK pasca-penangkapan atas Ketua MK Akil Mochtar  atas dugaan penerimaan suap.

"Mahkamah Konstitusi berpendapat seyogyanya pimpinan Mahkamah Konstitusi diundang dalam pertemuan tersebut untuk didengar keterangannya dan ikut bersama-sama para ketua lembaga negara lainnya dalam rangka mencari solusi terbaik sebagai jalan keluar dari dampak peristiwa tersebut," kata Hamdan Zoelva saat membacakan hasil kesepakatan rapat pleno Hakim Konstitusi di gedung MK, Jakarta, Minggu (6/10) dini hari.

Hamdan menuturkan, ada kesan bahwa delapan hakim konstitusi lainnya juga turut bersalah sebagai imbas tindakan korupsi yang diduga dilakukan Akil. Karenanya, presiden tidak mengundang unsur pimpinan MK dalam pertemuan para ketua lembaga negara itu.

"Dengan demikian, pada pertemuan tersebut Mahkamah Konstitusi diperlakukan sebagai objek, padahal UUD 1945 menempatkan Mahkamah Konstitusi sebagai lembaga negara juga," kata Hamdan.(gil/jpnn)

:ads="1"

JAKARTA - Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva, menyayangkan langkah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tidak mengundang

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA