Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Jamin Pemerintahan SBY Stabil

Minggu, 09 Mei 2010 – 06:15 WIB
Tak Jamin Pemerintahan SBY Stabil - JPNN.COM
JAKARTA -- Politikus Golkar Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan, pelibatan Golkar sebagai pimpinan setgab partai koalisi tidak menjamin pemerintahan SBY bakal stabil. "Apakah ada jaminan pemerintahan bakal stabil setelah Ical menjadi ketua harian setgab, saya sebagai kader Golkar nggak yakin," kata Agun saat berdiskusi di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Jakarta, kemarin (8/5).

Secara pribadi, Agun menolak bila agenda memperkukuh koalisi digiring untuk kembali ke bentuk otoritarianisme gaya baru. Dia menyebutkan, koalisi seharusnya dibangun dalam konteks demokrasi. "Saya melihat kemungkinan itu. Jangan-jangan Golkar dibawa ke sana lagi (mendukung otoritarianisme, Red)," ujarnya. 

Agun menyampaikan, kemunduran itu bisa saja terjadi kalau gagasan koalisi ternyata menimbulkan oligarki kekuasaan, serta menumbuhkan simbiosis mutualisme antara penguasa (SBY) dan pengusaha (Ical). "Saya lebih baik mengkritik diri sendiri dan mewaspadai ini karena Golkar berjuang untuk kepentingan rakyat," katanya.

Dia menambahkan, dalam demokrasi, kedaulatan berada di tangan rakyat. Bila ditarik ke lingkup parpol, kedaulatan adalah milik anggota parpol tersebut. "Yang saya takutkan hari ini, kedaulatan itu bergeser. Tidak ada lagi anggota yang berdaulat. Yang berdaulat cuma ketua umum-ketua umum partai," ujar Agun.

JAKARTA -- Politikus Golkar Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan, pelibatan Golkar sebagai pimpinan setgab partai koalisi tidak menjamin pemerintahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA