Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Mungkin Ibukota Pindah dari Jakarta

Jumat, 26 Februari 2010 – 15:01 WIB
Tak Mungkin Ibukota Pindah dari Jakarta - JPNN.COM
JAKARTA - Wacana memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke luar pulau Jawa, dikatakan oleh pengamat ekonomi, Dr Umar Juoro, adalah sesuatu yang tidak mungkin. Selain membutuhkan biaya yang luar biasa besar guna mempersiapkan infrastruktur di daerah, memindahkan ibukota dari Jakarta juga dinilai sebagai solusi yang tidak efektif dan realistis.

"Tidak mungkin, tidak efektif dan tidak realistis memindahkan Ibukota dari Jakarta. Apalagi kalau pindahnya keluar pulau. Bagaimanapun, pemindahan ibukota akan berkaitan dengan pelaksanaan pemerintahan eksekutif dan legislatif. Apa yang dilakukan oleh Brasil, ternyata juga tidak berhasil dan efektif. Pejabatnya tetap kembali ke ibukota yang lama," kata Umar kepada wartawan, kemarin di Jakarta.

Jika alasan pemindahan ibukota dari Jakarta hanya untuk menghindari 'penumpukan' pembangunan, kepadatan penduduk dan kepadatan transportasi, Umar mengatakan seharusnya bahwa wacana yang berkembang bukan memindahkan ibukota, melainkan penataan kota.

"Lebih baik lagi bila kita belajar pada Australia dan Amerika Serikat. Kota-kota di sana dibagi-bagi. Ada kota ekonomi, kota industri dan kota pemerintahan. Indonesia bisa melakukannya, misalnya untuk kementerian dan kelembagaan, kantornya dipindahkan keluar dari Jakarta. Itu lebih efektif dan realistis, daripada memindahkan ibukotanya," kata Umar.

JAKARTA - Wacana memindahkan ibukota negara dari Jakarta ke luar pulau Jawa, dikatakan oleh pengamat ekonomi, Dr Umar Juoro, adalah sesuatu yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA