Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tak Perlu ke Lokasi, Masyarakat Bisa Menukar Uang THR Lewat Aplikasi PINTAR 

Selasa, 19 Maret 2024 – 13:51 WIB
Tak Perlu ke Lokasi, Masyarakat Bisa Menukar Uang THR Lewat Aplikasi PINTAR  - JPNN.COM
Masyarakat saat melakukan penukaran uang baru lewat aplikasi PINTAR. Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com, SUMATERA SELATAN - Bank Indonesia (BI) Sumatera Selatan (Sumsel) menyediakan 145 titik penukaran uang untuk THR.

"Penukaran uang sudah dimulai dari 15 Maret sampai 5 April 2024, total ada 145 lokasi yang kami sediakan,"  ungkap Kepala BI Sumsel Ricky Perdana Gozali, Selasa (19/3).

"Lokasi penukaran uang tersedia di pusat keramaian, perbelanjaan dan retail serta jalan tol dan loket stasiun kereta api," kata Ricky.

Namun, bagi masyarakat yang tidak ingin datang ke lokasi juga bisa melakukan penukaran uang secara online dengan mendaftar lewat aplikasi PINTAR milik BI.

Berikut cara memesan penukaran uang lewat aplikasi PINTAR:

  • Membuka laman PINTAR di tautan pintar.bi.go.id
  • Memilih menu Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling
  • Pilihlah provinsi lokasi kas keliling BI Klik “Lihat Lokasi” Website PINTAR akan menampilkan lokasi kas keliling yang dapat dipilih dalam bentuk tabel.
  • Setelah menentukan lokasi kas keliling yang diinginkan, masyarakat memilih jam operasional yang tersedia Setelah itu, klik “Pilih” pada lokasi kas keliling yang diinginkan
  • Isilah data pemesanan meliputi NIK-KTP, nama, nomor telepon, dan alamat e-mail
  • Klik “Lanjutkan” Pilihlah pecahan uang yang akan ditukarkan sesuai kebutuhan dengan jumlah maksimal sesuai paket penukaran Serambi 2024 (maksimal Rp 4 juta dan maksimal pecahan sesuai paket)
  • Masyarakat dapat memilih “0” (klik panah bawah) jika tidak ingin menukarkan pecahan tertentu dan klik panah atas apabila inign menukar pecahan sesuai jumlah lembar yang telah ditetapkan
  • Isilah jumlah lembar UPK75 yang ingin ditukarkan
  • Pilihlan “0” jika tidak menukarkan UPK75 Klik captcha dan ikuti instruksi yang ada Klik checkbox pernyataan data yang diisi adalah benar
  • Setelah selesai menentukan jumlah pecahan, kliklah “Pesan” Website akan menampilkan resume bukti pemesanan Dokumen bukti pemesanan dapat didownload dalam bentuk PDF dengan cara klik “Download Bukti Pemesanan” pada bagian bawah halaman pemesanan. (mcr35/jpnn)



Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Bank Indonesia (BI) Sumatera Selatan sediakan aplikasi PINTAR bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang baru untuk THR.

Redaktur : Yessy Artada
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close