Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Calon Panglima TNI

Tak Perlu Tunggu Jenderal Gatot Pensiun untuk Usulkan Hadi

Selasa, 05 Desember 2017 – 13:37 WIB
Tak Perlu Tunggu Jenderal Gatot Pensiun untuk Usulkan Hadi - JPNN.COM
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Ismail Pohan/Indopos/JPG

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat militer dan pertahanan Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati mengatakan, keputusan Presiden Joko Widodo mengusulkan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon Panglima TNI tak perlu harus menunggu Jenderal Gatot Nurmantyo pensiun. Menurutnya, DPR justru perlu segera merespons usulan presiden tentang Hadi sebagai calon tunggal Panglima TNI pengganti Gatot.

Pengamat yang akrab disapa dengan panggilan Nuning itu mengatakan, DPR sebaiknya segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap Hadi sebagai calon Panglima TNI. "Keputusan untuk pergantian Panglima TNI jangan dibiarkan terlalu lama karena implikasinya kepada pejabat TNI lainnya," ujarnya seperti diberitakan JawaPoc.Com, Selasa (5/12).

Mantan anggota DPR yang juga mengajar di Universitas Pertahanan itu menambahkan, langkah Jokowi mengusulkan nama Hadi sebagai calon Panglima TNI meski Gatot Nurmantyo masih aktif sebagai tentara tak akan memunculkan spekulasi. Berdasar pengalaman selama ini, sudah ada beberapa jenderal yang menjabat Panglima TNI diganti tanpa harus menunggu masa pensiun.

Ketentuan itu juga sesuai dengan amanat Undang-Undang TNI. "Jadi prinsipnya, makin cepat keputusan pergantian Panglima TNI oleh Presiden Jokowi akan makin baik untuk organisasi TNI secara keseluruhan," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret tahun depan. Untuk menggantikan Gatot, Presiden Jokowi mengusulkan Hadi Tjahjanto yang kini menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) sebagai calon Panglima TNI.(dna/ce1/JPC)

Presiden Jokowi memiliki kewenangan untuk mengganti Panglima TNI kapan pun, termasuk mengusulkan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon pengganti Jenderal Gatot.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close