Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Takut Rusuh Menjalar, Mendagri Keluarkan Radiogram

Senin, 21 Desember 2015 – 14:51 WIB
Takut Rusuh Menjalar, Mendagri Keluarkan Radiogram - JPNN.COM
Tjahjo Kumolo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerbitkan radiogram yang dikirimkan seluruh gubenrur  Isinya, meminta agar dapat mengantisipasi aksi-aksi kerusuhan pascapemungutan suara pilkada. Tjahjo mengingatkan, kerusuhan yang terjadi di kompleks kantor Gubernur Kalimantan Utara, Sabtu (19/12), jangan sampai terulang di daerah lain.

Menurut Tjahjo, ‎ radiogram tersebut bersifat segera, untuk menjadi perhatian serius para kepala daerah se-Indonesia. Jajaran Pemda diminta meningkatkan kembali deteksi dini.

"Perlu antisipasi dan deteksi dini secara seksama agar kejadian seperti di Provinsi Kaltara dan beberapa kabupaten/kota dapat diatasi dan diprediksi awal," kata Tjahjo, Senin (21/12).

Menurut dia, masa-masa perhitungan dan penetapan pemenang hasil pemungutan suara pilkada sangat rawan. Belum lagi saat mendekati waktu pengajuan permohonan dan putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK). Karena itu ia meminta para gubernur terus berkordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah untuk mencermati perkembangan dinamika masyarakat setempat.

Bukan hanya dengan jajaran pemerintah, dan TNI/Polri, namun bangun komunikasi bersama tokoh masyarakat, agama, adat, beserta timses pasangan calon dan sejumlah elemen masyarakat. Selain itu, pemetaan lokasi vital juga perlu dilakukan untuk memperketat penjagaan serta pengawasan.

"Emosi elit dan masyaraka cukup tinggi, perlu kewaspadaan penuh. Jangan sampai pilkada yang berjalan lancar tanpa konflik akhirnya menimbulkan hal yang tidak diinginkan karena kita lengah deteksi dini," ujar Tjahjo.

Ia menambahkan, bila perlu setiap daerah menetapkan siaga satu selama proses perhitungan suara, penetapan calon, hingga masuk ke permohonan gugatan dan putusan MK. Tindakan anarkis di Kaltara kemarin ia nilai telah mencederai demokrasi di Indonesia.‎(gir/jpnn)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menerbitkan radiogram yang dikirimkan seluruh gubenrur  Isinya, meminta agar dapat mengantisipasi

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close