Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Taliban Tolak Tawaran Damai Hamid Karzai

Selasa, 18 November 2008 – 12:04 WIB
Taliban Tolak Tawaran Damai Hamid Karzai - JPNN.COM
KABUL - Perlindungan yang ditawarkan oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai ditolak mentah-mentah kelompok Taliban. Kemarin (17/11) penolakan itu disampaikan langsung oleh deputi pentolan Taliban, Mullah Mohammad Omar.

"Kami aman di Afghanistan dan tidak membutuhkan perlindungan apa pun dari Hamid Karzai," papar saudara Mullah. Dia menegaskan bahwa Taliban akan tetap melanjutkan perang jihad melawan pasukan asing dan budak-budak mereka. Selama ini, Taliban selalu menganggap Karzai sebagai budak AS.

Dengan demikian, upaya terbaru Karzai untuk menghentikan konflik berdarah di negaranya gagal total. Semula, dia menawarkan perlindungan kepada Mullah sebagai imbalan kesediaannya berunding dengan pemerintah. Kini tawaran tersebut sia-sia. Kelompok radikal itu sama sekali tidak bersedia berunding dengan pemerintah, apalagi menerima perlindungan Karzai.

Padahal, untuk menawarkan keselamatan kepada Mullah, Karzai sanggup melawan sekutu baratnya. Minggu (16/11), presiden 50 tahun itu mengatakan, pasukan asing yang tidak sepakat dengannya boleh angkat kaki dari Afghanistan. "Jika saya berkata ingin melindungi Mullah, pasukan asing hanya punya dua pilihan. Ganti saya atau angkat kaki jika tidak setuju," serunya.

KABUL - Perlindungan yang ditawarkan oleh Presiden Afghanistan Hamid Karzai ditolak mentah-mentah kelompok Taliban. Kemarin (17/11) penolakan itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA