Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tambah Armada, VU Siapkan Rp110 Miliar

Senin, 05 Maret 2012 – 13:04 WIB
Tambah Armada, VU Siapkan Rp110 Miliar - JPNN.COM
SURABAYA - Tingginya produksi dan permintaan semen pada tahun ini membuat PT Varia Usaha (VU) makin ekspansif. Anak usaha PT Semen Gresik Tbk itu bersiap-siap menambah armada untuk memenuhi kebutuhan pendistribusian hasil produksi induk perusahaan. Mereka pun telah menyiapkan dana Rp 110 miliar untuk kebutuhan tersebut.

Dirut Varia Usaha, Saifuddin Zuhri mengatakan tambahan armada untuk moda transportasi darat dan laut. Untuk truk, mereka membeli 100 unit dengan investasi Rp80 miliar. Saat ini Varia Usaha mempunyai 1.500 unit armada, di mana 900 unit di antaranya adalah milik sendiri. "Rencana penambahan armada akan kami eksekusi pada semester I/2012. Kebutuhan dana Rp 80 miliar tersebut akan kami penuhi dari kas internal sebesar 30% dan sisanya dari pinjaman perbankan," jelasnya.

Armada laut perseroan berencana membeli kapal tongkang 300 feet dan kapal untuk kargo umum berbobot mati 2 ribu ton. Investasi yang disiapkan sekitar Rp 30 miliar. Saat ini, kekuatan moda transportasi laut Varia Usaha adalah kapal tongkang 250 feet (1 unit), kapal tongkang 270 feet (2), dan kapal tongkang 300 feet (1). Selain itu, perseroan memiliki dua kapal untuk kargo umum masing-masing berbobot mati 1.000 ton dan 2.000 ton.

Dia menjelaskan penambahan kapal itu juga untuk mengantisipasi pertumbuhan penjualan semen yang diperkirakan sebesar 6 persen pada 2012. Tahun lalu, Varia Usaha mendistribusikan 1,2 juta ton semen. "Kondisi ini membuat omzet kami naik dari Rp 2,9 triliun pada tahun lalu menjadi Rp 3,2 triliun," ujarnya. Menurut Saefudin, pendistribusian semen produksi Semen Gresik mengontribusikan 50 persen terhadap total omzet perusahaan senilai Rp2,9 triliun tahun lalu. Sisanya diperoleh dari unit usaha transportasi serta, beberapa jenis usaha lainnya.

SURABAYA - Tingginya produksi dan permintaan semen pada tahun ini membuat PT Varia Usaha (VU) makin ekspansif. Anak usaha PT Semen Gresik Tbk itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA