Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tambang Batu Bara Meledak, Semua Agenda Hiburan Dibatalkan

Sabtu, 22 Desember 2018 – 19:25 WIB
Tambang Batu Bara Meledak, Semua Agenda Hiburan Dibatalkan - JPNN.COM
Tim SAR mencari para pekerja tambang yang terjebak di Karvina. Foto: Reuters

jpnn.com, PRAHA - Tambang batu bara di Karvina, wilayah barat daya Republik Ceko, meledak pada Kamis (20/12). Sedikitnya 13 pekerja tewas.

Insiden yang dipicu gas metana itu memaksa Perdana Menteri (PM) Polandia Mateusz Morawiecki terbang ke lokasi kejadian. Sebab, sebagian besar korban tewas adalah warga negara Polandia.

Associated Press melaporkan, 12 di antara total 13 korban tewas berkewarganegaraan Polandia. Mereka adalah buruh migran yang bekerja di pertambangan. Satu korban tewas lainnya adalah penduduk Ceko.

Selain merenggut 13 nyawa, insiden itu mengakibatkan 10 orang lainnya terluka. Kini para korban luka dirawat di rumah sakit.

Ivo Celechovsky, jubir perusahaan tambang batu bara OKD, menjelaskan bahwa ledakan terjadi sekitar pukul 17.00 waktu setempat. ''Pusat ledakan berjarak 8 meter dari permukaan tanah,'' terangnya.

Setelah terdengar ledakan, OKD menghentikan aktivitas pertambangan. Seluruh pekerja dievakuasi. Namun, tetap saja ada korban jiwa. Diduga, masih ada korban yang terjebak di dalam tambang. Namun, karena kebakaran akibat ledakan belum padam, tim penyelamat sulit melakukan pencarian.

''Tim tidak bisa maju karena api membuat penglihatan mereka terbatas,'' ujar Managing Director OKD Boleslav Kowalczyk kepada CNN.

Atas insiden tersebut, Presiden Polandia Andrzej Duda langsung menetapkan Minggu (23/12) sebagai hari berkabung nasional. Bendera setengah tiang akan dikibarkan di seluruh penjuru negeri.

Tambang batu bara di Karvina, wilayah barat daya Republik Ceko, meledak pada Kamis (20/12). Sedikitnya 13 pekerja tewas.

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close