Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tamsil: Siapa yang Menjamin Proyek Infrastruktur Tidak Pakai Dana Haji?

Minggu, 13 Juni 2021 – 14:43 WIB
Tamsil: Siapa yang Menjamin Proyek Infrastruktur Tidak Pakai Dana Haji? - JPNN.COM
Anggota DPD RI Tamsil Linrung. Foto: Dok. DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPD RI Tamsil Linrung mengatakan tidak ada garansi dana haji yang disimpan dalam bentuk Sukuk atau obligasi syariah tidak digunakan dalam proyek-proyek pemerintah termasuk infrastruktur.

"Siapa yang menjamin proyek infrastruktur tidak pakai dana haji?" kata Tamsil di kanal YouTube Hersubeno Arief baru-baru ini.

Seperti diketahui, isu dana haji digunakan membiayai proyek infrastruktur mencuat usai pemerintah resmi membatalkan pemberangkatan jemaah calon haji 2021.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sudah menepis dana haji digunakan untuk infrastruktur.

Namun, Tamsil Linrung mempertanyakan hal tesebut.

Senator dari Sulawesi Selatan itu mengatakan kalau sudah masuk dalam anggaran pendapatan belanja negara (APBN), maka tidak ada garansi dana itu tidak boleh dipakai di sana atau infrastruktur.

Tamsil mengutip keterangan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bahwa dana haji selama ini diinvestasikan dalam bentuk Sukuk dan instrumen keuangan syariah.

Di institusi itu, dana haji juga diinvestasikan dalam bentuk Sukuk demi keamanan.

Anggota Komite III DPD Tamsil Linrung meminta BPKH tidak menjadi corong pemerintah dengan menyebut seolah-olah dana haji tidak terpakai untuk infrastruktur. Dia menegaskan siapa yang bisa menjamin proyek infrastruktur tidak pakai dana haji?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close