Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tanggul Sungai Comal Ambles

Senin, 27 Januari 2014 – 09:25 WIB
Tanggul Sungai Comal Ambles - JPNN.COM

jpnn.com - TEGAL  -  Akibat terendam air saat banjir Kamis hingga Jumat (24/1), tanggul Sungai Comal yang berada di wilayah Pesantren Timur Desa Pesantren Kecamatan Ulujami, Tegal, ambles sedalam kurang lebih 30 cm.

Tanggul yang juga dimanfaatkan warga sebagai jalan yang membentang  dan sejajar mengikuti alur sungai itu ambles, karena terbawa oleh arus air Sungai Comal.
       
Menurut Slamet (50), pemilik warung  yang berada di pinggir sungai, tanggul itu sejak tiga hari sebelumnya sudah retak-retak. Akhirnya, kemarin sekitar pukul 06.00 WIB tanggul ambles ke bawah.

Dikatakan Slamet, saat hujan turun dan kondisi air di Sungai Comal itu meluap. Tanggul tersebut bisa untuk menahan luapan air Sungai Comal yang masuk ke daerah pemukiman di wilayah tersebut.

Namun, tanggul yang membujur dari selatan ke utara tersebut posisi di sebelah barat juga ikut banjir. Sehingga air yang dari barat turun ke bawah di Sungai Comal tersebut, saat kondisi air di Sungai Comal masih sama-sama banjir tidak menjadi masalah, akan tetapi begitu air mulai surut, tanggul itu menjadi longsor dan ambles ke bawah.

“Tanggul itu ikut terbawa air di sungai, sehingga ambles,” terang Slamet.

Lokasi amblesnya tanggul itu sendiri berada di Dusun Pesantren Timur RT 2 RW 5 Desa Pesantren Kecamatan Ulujami. Tanggul itu untuk sementara tidak boleh dilewati kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

"Hanya orang yang boleh melewati jalan tersebut. Itupun harus hati-hati, karena jika lengah bisa saja terperosok dan jatuh ke sungai yang airnya cukup dalam," papar dia.    

Disampaikan pula, bahwa banjir yang menggenangi rumah-rumah penduduk di Desa Pesantren mencapai setinggi setengah meter.

TEGAL  -  Akibat terendam air saat banjir Kamis hingga Jumat (24/1), tanggul Sungai Comal yang berada di wilayah Pesantren Timur Desa Pesantren

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA