Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tangkapan Nelayan Diboyong ke Filipina

Rabu, 17 Maret 2010 – 11:30 WIB
Tangkapan Nelayan Diboyong ke Filipina - JPNN.COM
TAHUNA- Luar biasa para nelayan di pulau perbatasan Sangihe ini. Meskipun bekerja sebagai sebagai nelayan, namun mereka melakukan transaksi perdagangan ikan secara internasional. Ya, mereka menjual tangkapan ikan dari hasil melaut kepada warga Filipina. Transaksipun dilangsungkan di tengah laut di  pulau Matutuang, Marore dan sekitarnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, transaksi jual beli ikan hasil tangkapan nelayan itu dilakukan secara bebas. Fuso atau perahu penampung ikan milik warga Filipina aktif melakukan aktivitas pembelian ikan hasil tangkapan nelayan pulau Matutuang dan Marore.

"Ikan nyare (batu) dibeli nelayan Filipina dengan harga Rp6000 hingga Rp7000 per kilogram. Sedangkan daging ikan hiu (gurango) dibeli dengan harga Rp3000 hingga Rp4000 per kilogram," ungkap nelayan pulau Matutuang dan Marore.

Menurut Kepala Desa Matutuang, Heri Sumolang transaksi antar nelayan seperti itu sudah biasa terjadi dan masih berlangsung hingga sekarang. Hanya saja, Heri Sumolang menyebut bahwa transaksi itu terpaksa dilakukan karena tidak ada pembeli lain. "Penjualan ikan ke fuso Filipina  terpaksa dilakukan nelayan, karena tak ada pengusaha ataupun pedagang ikan dari Sangihe yang datang membeli ikan hasil tangkapan nelayan Matutuang," jelasnya.

TAHUNA- Luar biasa para nelayan di pulau perbatasan Sangihe ini. Meskipun bekerja sebagai sebagai nelayan, namun mereka melakukan transaksi perdagangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close