Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tanpa Amien Rais di Kepengurusan PAN, Ada Apa dengan Zulkifli Hasan?

Jumat, 27 Maret 2020 – 17:01 WIB
Tanpa Amien Rais di Kepengurusan PAN, Ada Apa dengan Zulkifli Hasan? - JPNN.COM
Zulkifli Hasan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun menilai Zulkifli Hasan gagal merangkul semua elemen di Partai Amanat Nasional (PAN) untuk duduk dalam kepengurusan baru parpol berlambang matahari itu. Penilaian itu didasari tidak adanya nama Amien Rais dalam struktur kepengurusan partai pimpinan Zulkifli Hasan tersebut.

Ubeidilah mengatakan, Amien merupakan pendiri PAN. Dalam kepengurusan PAN 2015-2020, Amien dipercaya memimpin dewan kehormatan.

Namun, kini Amien tak ada dalam struktur kepengurusan PAN. Posisi ketua Dewan Kehormatan PAN 2020-2025 dipercayakan kepada Soetrisno Bachir.

"Zulkifli Hasan gagal menarik atau memang sengaja menyingkirkan Amien Rais dari struktur kepengurusan PAN. Kabarnya di internal PAN kabarnya juga masih terus dilanda problem," ujar Ubedillah dalam pesan tertulis, Jumat (27/3).

Direktur eksekutif Center for Social Political Economic and Law Studies (CESPELS) juga mengaku mendengar info bahwa unsur nepotisme punya andil dalam pembentukan kepengurusan PAN saat ini. "Ini tentu sangat disayangkan, mengingat PAN lahir salah satunya karena menolak nepotisme,” katanya.

Ubeidilah menegaskan bahwa pola-pola nepotisme menjadi salah satu faktor yang membuat partai politik tidak tumbuh sehat di alam demokrasi. “Zulkifli Hasan perlu diingatkan soal ini,” katanya.(gir/jpnn)

Amien Rais sebagai pendiri PAN justru namanya tak ada dalam kepengurusan parpol pimpinan Zulkifli Hasan itu.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close