Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tanzania Luncurkan Kereta Api Listrik Pertama di Belahan Timur Afrika

Minggu, 16 Juni 2024 – 14:39 WIB
Tanzania Luncurkan Kereta Api Listrik Pertama di Belahan Timur Afrika - JPNN.COM
Ilustrasi - Kereta Rel Listrik (KRL) melintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (8/5/2024). Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa

jpnn.com - Tanzania pada Sabtu meluncurkan kereta listrik pertamanya yang membawa 1.400 penumpang dari kota pesisir Dar es Salaam menuju Morogoro di barat pada perjalanan perdananya yang menempuh jarak 300 kilometer.

Albawaba News melaporkan bahwa kereta dengan sistem kelistrikan dan persinyalan yang canggih ini dirayakan sebagai jalur kereta api standar listrik pertama di Afrika Timur dan telah selesai dikerjakan.

Dengan fasad panel kaca berwarna biru langit yang berkilauan, Stasiun Kereta Api Standard Gauge di pusat komersial Tanzania, Dar es Salaam, lebih terlihat seperti terminal bandara mewah daripada fasilitas kereta api.

Di dalam, labirin eskalator dengan anggun membawa penumpang ke berbagai lantai, menawarkan pemandangan panorama terminal yang ramai di bawahnya.

Keajaiban arsitektur ini, dirancang dengan cermat demi kenyamanan penumpang, menawarkan konter tiket canggih dan ruang tunggu mewah yang dilengkapi dengan port pengisian daya dan fasilitas lainnya.

Stasiun ini melayani kereta listrik Standard Gauge Railway (SGR) yang dibangun oleh perusahaan Turki, Yapi Merkezi, sebuah proyek yang mewakili lompatan maju yang signifikan bagi infrastruktur transportasi negara Afrika Timur tersebut.

Kereta listrik tersebut, sebuah proyek bernilai hampir $2 miliar (Rp32,8 triliun), dipandang sebagai dorongan besar terhadap konektivitas domestik, perdagangan dan peluang ekonomi dengan negara-negara tetangga yang tidak memiliki garis pantai seperti Uganda dan Rwanda.

General Manager Tanzania Railways Corporation Masanja Kadogosa menyoroti pentingnya proyek ini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan efisiensi transportasi di seluruh Tanzania dan Afrika Timur.

Tanzania mengoperasikan jalur kereta api standar listrik pertama di Afrika Timur dan telah selesai dikerjakan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close