Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Target Swasembada Daging tapi Tak Punya Data Ternak

Kamis, 17 Februari 2011 – 18:23 WIB
Target Swasembada Daging tapi Tak Punya Data Ternak - JPNN.COM
JAKARTA -- Tahun 2014 pemerintah menargetkan mampu melakukan swasembada daging. Ironisnya, Kementrian Pertanian justru tidak pernah mengetahui berapa populasi ternak yang ada di dalam negeri. Sehingga sulit untuk mengetahui secara pasti, berapa sebenarnya ketergantungan dari impor dan berapa kekurangan pasokan di dalam negeri.

‘’Data yang kita gunakan ini memang sudah terlalu lama sekali, sudah sejak tahun berapa yang pasti saya juga tidak tahu. Jangan-jangan sekitar tahun 1960 lah. Dari dulu kita cuma terima dari Dinas saja,’’ kata Menteri Pertanian Dr Ir Suswono pada wartawan di Istana Negara, Jakarta (17/2).

Karena itulah Kementan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus ternak 2011. Direncanakan sensus ini dilakukan mulai Maret 2011 dan pada pertengahan tahun sudah bisa diketahui jumlah pasti ternak di seluruh Indonesia. Ternak yang disensus diantaranya sapi, kambing, kerbau dan bisa sekaligus ternak lainnya.

‘’Dulu pernah juga sensus, tapi sudah lama sekali, mungkin sekitar tahun 1960 atau 1970 mungkin, saya juga tidak pasti. Laporan Dinas pada kita katanya ada 12,6 juta ternak. Harusnya dengan jumlah ini kita bisa mensiasati pemenuhan dalam negeri. Tapi apa benar jumlahnya tetap 12,6 juta? Itulah yang ingin kita ketahui dari sensus ternak 2011,’’ kata Suswono.

JAKARTA -- Tahun 2014 pemerintah menargetkan mampu melakukan swasembada daging. Ironisnya, Kementrian Pertanian justru tidak pernah mengetahui berapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close