Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tarif Hotel Bakal Naik

Pengaruh Kenaikan Harga Elpiji

Jumat, 01 Maret 2013 – 11:16 WIB
Tarif Hotel Bakal Naik - JPNN.COM
PALEMBANG--Rencana kenaikan harga elpiji 12 kilogram sekitar Rp 25 ribu diprediksi akan berpengaruh terhadap harga jual di sektor perhotelan dan restoran hingga 5 persen. Meski tidak semua, pengusaha atau pengelola diprediksi akan menaikkan tarif sampai 5 persen.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel, Herlan Aspiudin mengatakan, rencana kenaikan harga elpiji sekitar 20 persen berimbas pada kenaikan harga produk lantaran relatif berpengaruh terhadap biaya operasional.

“Kenaikan memang tidak sejajar dengan besaran kenaikan elpiji maupun TDL, kenaikannya tak mungkin sama. Minimal bakal 5 persen lebih kenaikannya dan konsumen bakal merasakan dampaknya,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (28/2).

Dia menuturkan, biaya operasional di restoran dan hotel biasanya tertinggi untuk bahan baku makanan, perizinan, gaji karyawan, komponen bahan bakar, elpiji, dan listrik. “Pengusaha juga akan melihat pasar, karena kalau kenaikannya terlalu tinggi dan tidak realistis maka malah justru bisa ditinggalkan konsumen,” tukasnya.

PALEMBANG--Rencana kenaikan harga elpiji 12 kilogram sekitar Rp 25 ribu diprediksi akan berpengaruh terhadap harga jual di sektor perhotelan dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA