Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tegas, Wako Solo Ingatkan Presiden Jokowi Tak Usah Mudik daripada Dikarantina

Kamis, 23 April 2020 – 15:41 WIB
Tegas, Wako Solo Ingatkan Presiden Jokowi Tak Usah Mudik daripada Dikarantina - JPNN.COM
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. Foto: ANTARA/Aris Wasita

jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengharapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mudik Lebaran pada masa pandemi virus corona (COVID-19). Alasannya, Presiden Jokowi sebagai pihak yang melarang mudik semestinya juga konsisten dengan kebijakan itu.

Rudy -panggilan akrab Rudyatmo- mengatakan bahwa Pemerintah Surakarta telah menyiapkan tempat karantina di Grha Wisata Niaga bagi pemudik. Siapa pun yang mudik ke Solo, katanya, akan dikarantina di Grha Wisata Niaga selama 14 hari.

“Pejabat atau siapa pun yang mudik kami karantina, termasuk VIP (very important person, red). Kalau sudah membuat aturan seperti itu, orang Jakarta jangan ke Solo-lah, biarpun itu VIP, VVIP (presiden RI),” kata Rudy seperti diberitakan Radar Solo.

Selain itu, Rudy juga meminta pemerintah pusat menghentikan layanan transportasi publik antarkota antarprovinsi. Politikus PDI Perjuangan itu mengharapkan transportasi publik ke wilayahnya juga dikurangi.

Rudy menambahkan, saat ini kesadaran masyarakat Solo sekarang sudah tinggi. Buktinya, ketua RT yang lingkungannya kedatangan pemudik langsung melapor ke Grha Wisata.

Belum lama ini ada ketua RT yang membawa delapan pemudik dari Jakarta ke Grha Wisata. “Itu kan bukti kalau masyarakat sudah sadar,” katanya.

Lebih lanjut Rudy mengatakan, kasus COVID-19 di Solo karena dari daerah lain. “Pendatang semua, makanya pengawasannya harus ketat,” kata Rudy.

Hingga Rabu (22/4) jumlah kasus COVID-19 di Solo ada 19. Dari jumlah itu ada sembilan orang yang masih menjalani rawat inap, sementara dua orang sembuh, sedangkan dua lainnya dua meninggal dunia.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengharapkan Presiden Jokowi yang mengeluarkan larangan mudik tidak pulang ke Solo pada Lebaran mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close