Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tekan Baby Boom, Luncurkan Pil KB Pria

Minggu, 02 Januari 2011 – 10:56 WIB
Tekan Baby Boom, Luncurkan Pil KB Pria - JPNN.COM
JAKARTA -- Fokus upaya menekan ledakan penduduk alias baby boom di Indonesia akan digeser. Ke depan, perempuan tidak lagi dikategorikan sebagai sasaran utama inovasi program Keluarga Berencana (KB). Mulai tahun ini, pemerintah segera meluncurkan pil KB untuk pria. Saat ini penelitian tentang bahan pil KB pria ini sudah mencapai 75 persen. Pil itu dibuat dengan bahan baku daun justicia gendarussa yang banyak tumbuh di Papua.

"Karena selama ini upaya pencegahan selalu berkiblat pada perempuan. Untuk azas kesamarataan, maka pria juga akan dijadikan objek KB," kata Sekretaris Utama BKKBN Sudibyo Alimoeso di Jakarta kemarin (1/1).

Menurut dia, sekarang hasil penelitian pil KB Pria berbentuk herbal (bubuk) sudah bisa digunakan. Namun tidak praktis karena akan banyak kapsul yang harus diminum. Karena itu perlu diolah lagi menjadi ekstrak yang bisa dijadikan satu kapsul sehingga bisa marketable dan praktis.

Sudibyo menyatakan pil tersebut telah diujicobakan pada fase I bagi 36 pria yang terbukti tidak memiliki efek samping. Pada fase II nanti juga akan diujicobakan bagi 200 pria. Diharapkan nanti pil baru ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat luas untuk peningkatan kesertaan KB pria.

JAKARTA -- Fokus upaya menekan ledakan penduduk alias baby boom di Indonesia akan digeser. Ke depan, perempuan tidak lagi dikategorikan sebagai sasaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close