Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tekan Stunting di Depok, IHWG FKUI Serukan Jaga Kualitas Air Minum

Kamis, 08 Agustus 2024 – 21:50 WIB
Tekan Stunting di Depok, IHWG FKUI Serukan Jaga Kualitas Air Minum - JPNN.COM
IHWG FKUI serukan menjaga kualitas air minum guna membantu tekan angka prevalensi stunting di Depok. Foto: source for jpnn

jpnn.com, DEPOK - Indonesian Hydration Working Group (IHWG) bersama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kota Depok terkhusus di wilayah Kelurahan Leuwinanggung.

Kegiatan ini menekankan pentingnya memperhatikan kualitas air minum yang merupakan salah satu faktor penting yang dapat berdampak kepada peningkatan risiko stunting.

”Saat ini permasalahan hidrasi tidak hanya menekankan masalah kuantitas air minum yang kita konsumsi, tetapi juga bagaimana kualitas air tersebut," kata Dr. dr. Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK(K), Ketua IHWG FKUI dalam keterangannya, Kamis (8/8).

Menurut Diana, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa air minum yang tercemar dapat menimbulkan permasalahan kesehatan.

"Penting untuk memastikan apakah sumber air minum yang kita konsumsi sudah aman dan terhindar dari berbagai cemaran," jelasnya.

Ketua Program Pengabdian Masyarakat IHWG FKUI Dr. dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, SpGK(K) menjelaskan, air minum yang tercemar bakteri E.Coli atau koliform dapat menyebabkan terjadinya penyakit infeksi seperti diare.

"Penyakit infeksi yang terjadi berulang-ulang dan tanpa penanganan tepat, dapat menyebabkan anak mengalami kekurangan gizi sehingga pertumbuhan serta perkembangannya terhambat dan berisiko stunting," tuturnya.

Berdasarkan Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) Tahun 2020, hanya sebesar 31,3% sumber air minum rumah tangga Indonesia yang tidak tercemar bakteri E.Coli.

IHWG FKUI serukan menjaga kualitas air minum guna membantu tekan angka prevalensi stunting di Depok.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA