Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Telkom Perkuat Jaringan Fiber Optik

Rabu, 26 Oktober 2011 – 03:03 WIB
Telkom Perkuat Jaringan Fiber Optik - JPNN.COM
SURABAYA - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk memperkuat jaringan broadband dalam waktu lima tahun ke depan. Infrastruktur berbasis fiber optik, Multi Services Access Network (MSAN) dan Gigabit Passive Optical Networking (GPON) pun digelar. Transformasi jaringan itu disebut dengan Next Generation Network (NGN).

Deputi Executive General Manager Access Network II PT Telkom Tbk Mohammad Warif Maulidy mengatakan, saat ini, semua bisnis jaringan mengarah ke layanan broadband. Dengan adanya layanan NGN, pihaknya bisa membuka segala macam aplikasi dan konten. Untuk GPON saja, kecepatan jaringannya mencapai 100 mbps (megabit per second).

Salah satu layanan yang kini sedang dikembangkan Telkom adalah tayangan televisi berbasis internet protocol (IP) yang membutuhkan jaringan data ekstra. Di Jatim, IP TV direncanakan uji coba pada awal Desember 2011. "Ibarat jalan, ini jalan yang cukup lebar," ungkapnya.

Penguatan jaringan ini, kata dia, berupa implementasi Nusantara Super Highway di tanah air. Jaringan ini diklaim memiliki unlimited bandwidth. Maulidy mengungkapkan, transformasi jaringan dimulai di Sentra Telepon Otomat (STO) Gandaria, STO Semanggi II, dan STO Injoko. "Lokasi lainnya akan menyusul sesuai prioritas berdasar demand triple services dan modernisasi jaringan," tuturnya.

SURABAYA - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Tbk memperkuat jaringan broadband dalam waktu lima tahun ke depan. Infrastruktur berbasis fiber optik,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com