Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tembok Salah Satu Pesantren di Jember Jebol Diterjang Banjir

Rabu, 20 Januari 2021 – 08:01 WIB
Tembok Salah Satu Pesantren di Jember Jebol Diterjang Banjir - JPNN.COM
Warga berjalan menyusuri jalan yang masih terendam banjir di Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (19/1/2021). Foto: ANTARA/ VJ Hamka Agung

jpnn.com, JEMBER - Bencana banjir dan tanah longsor menerjang delapan kecamatan di wilayah Kabupaten Jember, Jatim, dalam sepekan terakhir.

Masyarakat yang terdampak bencana sangat membutuhkan bantuan logistik dan personel dari terutama dari Pemprov Jawa Timur.

"Banjir melanda tujuh kecamatan dan tanah longsor menerjang dua kecamatan. Ada satu kecamatan yang dilanda banjir dan tanah longsor secara bersamaan yakni Kecamatan Tempurejo," kata Plt Kepala BPBD Jember Satuki di Jember, Rabu (20/1).

Data Pusat Pengendali Operasional (Pusdalops) BPBD Jember menyebutkan, hingga 18 Januari 2021 tercatat bencana banjir dan tanah longsor tersebut tersebar di 18 desa/kelurahan dengan jumlah warga yang terdampak sebanyak 4.178 kepala keluarga (KK).

Tidak hanya rumah warga, tapi 12 fasilitas pendidikan, tiga fasilitas umum, dan 42 hektare lahan pertanian juga ikut terdampak bencana alam yang mengepung Jember tersebut.

"Banjir melanda Kecamatan Bangsalsari, Tanggul, Gumukmas, Puger, Tempurejo, Ambulu, dan Jenggawah, sedangkan tanah longsor menerjang Kecamatan Patrang dan Tempurejo," tuturnya.

Di Kecamatan Bangsalsari terdapat satu desa yang terdampak banjir bandang yakni Desa Bangsalsari dengan jumlah warga yang terdampak sebanyak 68 KK dan tiga pondok pesantren terendam banjir.

Bahkan tembok salah satu pesantren tersebut jebol diterjang derasnya banjir bandang yang membawa material kayu dan lumpur.

Data BPBD Jember menyebutkan, delapan kecamatan diterjang banjir dan tanah longsor dalam sepekan terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close