Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Temuan Menarik dari Survei SMRC, Inilah Bacapres yang Dinilai Didukung Jokowi

Jumat, 04 Agustus 2023 – 10:20 WIB
Temuan Menarik dari Survei SMRC, Inilah Bacapres yang Dinilai Didukung Jokowi - JPNN.COM
Momen Presiden Jokowi saat bersama dua kandidat Capres 2024, Menhan RI Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto: Tim Media Prabowo Subianto

jpnn.com, JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkap temuan survei Juli 2023 mengenai kandidat bakal calon presiden atau Capres 2024 yang diyakini publik bakal didukung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari hasil survei yang disampaikan pendiri SMRC Saiful Mujani, ada 40,6 persen publik menilai Presiden Jokowi mendukung Ganjar Pranowo; 28,3 persen Prabowo Subianto; dan 11,9 persen Anies Baswedan.

Data itu disampaikan dalam Program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Efek Jokowi di Pilpres 2024” sebagaimana siaran pers, Kamis (3/8).

Menurut Saiful, pembicaraan dukungan dari Jokowi terhadap kandidat capres tidak terlepas dari tingginya kepuasan publik pada kinerja Jokowi, yakni mencapai 77,3 persen dalam survei SMRC Juli 2023.

"Jika penilaian publik pada Jokowi sangat positif, dan jika dia memihak pada satu calon, maka pemilih yang positif pada Jokowi akan cenderung mendukung calon-calon yang didukung olehnya,” ucap Saiful.

Dia menjelaskan bahwa pemilih yang memiliki penilaian positif pada kinerja Jokowi kemungkinan berharap program-program yang ada dilanjutkan pada pemerintahan berikutnya.

Lantas siapa di antara kandidat bakal Capres 2024 yang dinilai publik akan melanjutkan program kebijakan Jokowi?

Dari empat nama yang diajukan dalam survei SMRC, ada 40 persen responden yang menilai Ganjar bisa melanjutkan program kebijakan Jokowi; lalu 29,7 persen menyebut Prabowo; dan 15 persen Anies; sedang 0,9 persen Airlangga Hartarto. Masih ada 14,4 persen yang belum menjawab.

Saiful Mujani mengungkap temuan survei SMRC soal persepsi publik tentang bakal Capres 2024 yang didukung oleh Presiden Jokowi. Menarik!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close