Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Temukan Virus HIV Baru hingga Monyet Hybrid Sulawesi

Kamis, 11 September 2014 – 14:16 WIB
Temukan Virus HIV Baru hingga Monyet Hybrid Sulawesi - JPNN.COM
PENELITI SEJATI: Jatna Supriatna menunjukkan salah satu buku hasil penelitiannya tentang kehidupan liar di dalam hutan. M. Ali/Jawa Pos/JPNN.com

jpnn.com - Pada suatu malam medio 1986, hujan turun sangat lebat. Mobil Jeep 4WD yang dikendarai Dr Jatna Supriatna dan kawan-kawan penelitinya di dalam hutan Sulawesi Selatan tidak bisa melanjutkan perjalanan. Sungai yang hendak dilewati meluap karena air bah.


Laporan M. Hilmi Setiawan, Jakarta
================================


Mereka terjebak di dalam hutan itu sambil menunggu hujan reda dan banjir surut. Untungnya, Jatna dan tim sudah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk tinggal berminggu-minggu di dalam hutan. Termasuk, bagaimana mereka harus menjaga sebaik-baiknya sampel darah kera yang dibawa untuk bahan penelitian genetika kera-kera di Sulawesi. Sebab, jika sampel itu rusak, mereka harus mengulang prosesnya mulai awal. Kalaupun itu terjadi, mereka harus berminggu-minggu lagi di dalam hutan.

Begitulah secuil kisah penelitian kehidupan liar yang dilakukan Jatna cs. Jatna mulai menjadi wildlife biologist pada 1986. Pada awal proyek penelitiannya, dia harus tinggal di hutan pedalaman Sulawesi selama tiga tahun. Dosen MIPA Universitas Indonesia (UI) itu akhirnya meneguhkan hati menjadi ahli biologi lapangan.

’’Sebab, di lapangan itu lebih banyak masalah yang dihadapi,’’ kata pengajar yang menuntaskan jenjang S-2 dan S-3 di The University of New Mexico, AS, itu.

Ditemui di kompleks gedung rektorat UI Senin (8/9), Jatna bercerita tentang kiprahnya di dunia penelitian alam liar Indonesia. Pria kelahiran Bali, 7 September 1951, itu menyatakan, penelitian di Sulawesi tersebut awalnya bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. ’’Kami bekerja dalam satu tim. Saya menjadi ketua timnya,’’ tutur Jatna.

Selain UI, kampus lokal yang terlibat dalam proyek besar tersebut adalah Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Universitas Tadulako Palu. Kampus asing yang bergabung adalah The University of New Mexico, Yale University, Colombia University, University of Georgia, University of Colorado, University of California, serta University of Oregon. Banyaknya kampus asing yang terlibat menunjukkan ketertarikan mereka terhadap habitat liar di Indonesia.

Jatna menjelaskan, fokus penelitian mereka saat itu adalah kehidupan primata di Sulawesi. Ada tujuh spesies kera (makaka/macaca/macaque) di seluruh wilayah Sulawesi yang mereka teliti. Tujuh spesies kera tersebut adalah Macaque maura, Macaque tonkeana, Macaque hecki, Macaque nigrescens, Macaque nigra, Macaque ochreata, dan Macaque brunnescens. Perbedaan mencolok dengan kera atau monyet pada umumnya, kera di Sulawesi tidak memiliki ekor. Beberapa spesies memiliki sedikit jambul di kepalanya.

Pada suatu malam medio 1986, hujan turun sangat lebat. Mobil Jeep 4WD yang dikendarai Dr Jatna Supriatna dan kawan-kawan penelitinya di dalam hutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close