Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19 Bisa Diakses Melalui PMI

Jumat, 08 Januari 2021 – 16:33 WIB
Terapi Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19 Bisa Diakses Melalui PMI - JPNN.COM
Ilustrasi petugas medis memeriksa kantong berisi plasma konvalesen dari pasien sembuh COVID-19 di Unit Tranfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Foto: Nova Wahyudi/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Proses pengobatan pasien Covid-19 mulai menemukan harapan melalui terapi plasma konvalesen. Sebab, terapi itu kini sudah bisa diakses masyarakat melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Demikian disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (7/1) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

"Saat ini terapi plasma konvalesen sudah dapat diakses masyarakat yang membutuhkan melalui Palang Merah Indonesia di pusat," kata Wiku.

Selain itu, PMI juga telah membuka akses bagi masyarakat yang ingin menjadi donor termasuk penyintas Covid-19.

PMI menentukan syarat pendonor adalah diutamakan laki-laki, dan bagi wanita belum pernah hamil dan juga belum memiliki anak.

Untuk penyintas Covid-19 yang akan mendonorkan plasmanya perlu menunjukkan test swab PCR negatif, bebas gejala Covid-19 selama 14 hari setelah dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Di samping itu, terkait rincian terapi plasma konvalesen ini, Wiku merujuk pada hasil penelitian terkini bahwa terapi ini dapat mencegah perkembangan gejala yang lebih parah.

"Terapi plasma konvalesen adalah penggunaan plasma darah yang mengandung antibodi dari orang-orang yang telah sembuh dari Covid-19, sebagai pengobatan pasien Covid-19," terang Wiku.

PMI saat ini telah menyediakan terapi plasma konvalesen bagi pasien Covid-19, termasuk menerima donor konvalesen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close