Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terapkan Cofiring, PLTU Jeranjang Turut Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Lombok

Sabtu, 07 September 2024 – 18:49 WIB
Terapkan Cofiring, PLTU Jeranjang Turut Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Lombok - JPNN.COM
Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB Sahdan (kiri) bersama Manager Unit PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Jeranjang Yunisetya Ariwibawa (kanan) saat melakukan monitoring pelaksanaan program cofiring di PLTU Jeranjang menggunakan biomass. Foto dok PLN IP

jpnn.com, LOMBOK - PLN Indonesia Power (PLN IP) menghasilkan manfaat ganda atas penerapan program cofiring, yang diterapkan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang.

Selain sebagai green booster transisi energi Tanah Air, program ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dari sisi finansial maupun sosialnya.

Hal ini selaras dengan prinsip pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG's).

Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB Sahdan menuturkan selain menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan sosial, penerapan program cofiring yang dilakukan PLN Indonesia Power UBP Jeranjang yang menggunakan biomassa berbahan baku sawdust juga sejalan dengan program pengembangan EBT dan mendukung target Net Zero Emission 2050 di Wilayah NTB.

"Program cofiring ini ada kaitan dengan pengembangan EBT, green energi betul-betul kami perjuangkan agar apa yang menjadi cikal bakal masyarakat ini musti kita capai di tahun 2050 untuk NTB," tutur Sahdan.

Pihaknya menyebutkan pemanfaatan biomassa pada PLTU Jeranjang juga bisa mendukung sektor pariwisata, dengan menghadirkan green energy yang minim emisi.

Sehingga diharapkan dapat meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata NTB, khususnya Lombok.

"Cofiring banyak manfaatnya. Selain sebagai green energy untuk mendukung transisi energi, program itu membawa manfaat bagi masyarakat," terang Sahdan.

Pemanfaatan biomassa pada PLTU Jeranjang juga bisa mendukung sektor pariwisata, dengan menghadirkan green energy yang minim emisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA