Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Teras Narang Ancam Mundur dari Gubernur

Jika Pemerintah Pusat Paksakan Pembangunan Rel KA Kalteng-Kaltim

Kamis, 04 Agustus 2011 – 00:51 WIB
Teras Narang Ancam Mundur dari Gubernur - JPNN.COM
PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dengan tegas menolak keinginan pemerintah pusat yang menggandeng investor Rusia untuk membangun jalur rel kereta api batubara sepanjang 135 km dari Kalteng-Kaltim. Teras khawatir pembangunan rel kereta api tersebut bakal mengganggu lantaran hutan lindung yang ada di Kalteng bakal rusak.

“Saya tidak setuju itu,” ujar Teras seperti dilansir Kalteng Pos (JPNN Group), Rabu (3/8).

Walau kereta pengangkut batubara dari wilayah Barito ke Sungai Mahakam lebih pendek 25 km, namun Teras menganggap proyek itu akan meninggalkan bencana bagi rakyat Kalteng. Pasalnya, DAS Barito sepanjang 1.100 km akan banjir bandang jika musim hujan.

“Siapa yang menjamin lapisan atas wilayah penyangga air (hutan lindung, Red.) jika habis ditebang? Pengusaha-pengusaha itu hanya mencari untung. Ini sangat berbahaya karena lingkungan akan rusak. Kalteng menolak rencana pemerintah pusat. Kita ingin membangun daerah dulu baru bangun rel kereta api,” katanya.

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dengan tegas menolak keinginan pemerintah pusat yang menggandeng investor Rusia untuk membangun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close