Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terawan dan Ganip Perangi Pandemi dalam Sunyi, tetapi Cetak Banyak Prestasi

Rabu, 17 November 2021 – 18:07 WIB
Terawan dan Ganip Perangi Pandemi dalam Sunyi, tetapi Cetak Banyak Prestasi - JPNN.COM
TNI Letjen TNI Ganip Warsito. Ilustrasi/Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Perjuangan dua Letjen TNI, Ganip Warsito dan Terawan Agus Putranto, sebagai komandan perang melawan pandemi Covid-19 menarik untuk disorot.

"Dua sosok perwira TNI bintang tiga ini menarik karena masing-masing meninggalkan success story," ungkap Tenaga Ahli Kepala BNPB, Andi usai acara serah terima jabatan Kepala BNPB/Satgas Penanganan Covid-19 dari Letjen Ganip Warsito ke Mayjen TNI Suharyanto, Rabu (17/11).

Andi mengungkapkan, Ganip di awal masa jabatannya sebagai kepala BNPB merangkap Ketua Satgas Penanganan Covid-19 langsung kondisi gawat darurat.

Ketika itu lonjakan kasus COVID-19 sedang tinggi-tingginya, bahkan bisa dikatakan itulah puncak wabah di Indonesia.

"Kemudian diikuti PPKM level 4 hingga di akhir masa jabatannya berhasil membuat pandemi makin melandai hingga turun menjadi PPKM level 1. Begitu juga dengan Menkes Terawan," ujar dia.

Menurut Andi, yang kebetulan juga pernah menjadi Tenaga Ahli mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, di awal pandemi Covid-19 yang ditandai pengumuman oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020, ketika itu Terawan dihadapkan pada tugas berat memerangi Covid-19.

"Saya ingat diawal pandemi ketika Pak Terawan dalam kapasitasnya sebagai Menkes harus melakukan penjemputan WNI dari Wuhan yang terpapar Covid-19 diobservasi di Pulau Natuna sampai puluhan WNI yang terpapar di Jepang dan ditempatkan di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu sebagai lokasi observasi," ungkap Andi.

Di akhir masa jabatannya sebagai Menkes, menurut Andi, Terawan juga meninggalkan nama yang harum.

Perjuangan dua Letjen TNI, Ganip Warsito dan Terawan Agus Putranto, sebagai komandan perang melawan pandemi Covid-19 menarik untuk disorot

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close