Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terbantu Program BRI, Ini Kisah Insipratif Klaster Rotan Trangsan yang Semakin Mendunia

Minggu, 21 Juli 2024 – 22:17 WIB
Terbantu Program BRI, Ini Kisah Insipratif Klaster Rotan Trangsan yang Semakin Mendunia - JPNN.COM
Desa Trangsan yang berlokasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah terkenal dengan pengolahan rotan hingga menjadi produk rumahan yang bermanfaat. Foto: dok BRI

jpnn.com, SUKOHARJO - Desa Trangsan yang berlokasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah terkenal dengan pengolahan rotan hingga menjadi produk rumahan yang bermanfaat.

Industri rotan di wilayah itu bahkan sudah dimulai sejak hampir satu abad yang lalu dengan Ki Demang Wongsolaksono sebagai pelopornya.

Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan anggota kelompok rotan Trangsan Agung mengatakan aktivitas pengolahan rotan di desa tersebut sudah menjadi tradisi dan diturunkan hingga ke anak cucu.

Perkembangan pengolahan rotan di wilayah tersebut pun cukup pesat, hingga Desa Trangsan dinobatkan sebagai sentra industri penghasil kerajinan rotan terbesar di Jawa Tengah dan kedua di Indonesia.

Akan tetapi, pada 2005 terjadi penurunan produksi secara drastis karena pengrajin yang kesulitan mendapatkan bahan baku rotan akibat lonjakan harga di pasar internasional.

Dalam mengatasinya, pemerintah Kabupaten Sukoharjo membentuk klaster Rotan Trangsan sebagai solusi menjawab kebutuhan yang para pengrajin miliki.

Hingga saat ini, setidaknya terdapat 200 lebih orang yang menjadi anggota klaster rotan di Desa Trangsan.

Hanya saja, perjalanan dari klaster rotan di desa tersebut nyatanya tak selamanya berjalan dengan mulus.

Desa Trangsan yang berlokasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah terkenal dengan pengolahan rotan hingga menjadi produk rumahan yang bermanfaat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA