Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terima Dubes AS untuk Indonesia, Ketua MPR Dorong Kerja Sama Pengadaan Vaksin Covid-19

Rabu, 20 Januari 2021 – 17:31 WIB
Terima Dubes AS untuk Indonesia, Ketua MPR Dorong Kerja Sama Pengadaan Vaksin Covid-19 - JPNN.COM
Ketua MPR Bambang Soesatyo bertemu Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, H.E. Mr. Sung Yong Kim, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Jakarta, Selasa (19/1/21). Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong terwujudnya kerja sama perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, Pfizer dan Moderna, untuk turut mendistribusikan vaksinnya ke Indonesia.

Menurut dia, dari pembicaraan produktif dengan Pfizer, Indonesia menargetkan mendapatkan sekitar 50 juta dosis yang diperkirakan datang April 2021. Sementara dengan Moderna, proses pembicaraan masih terus dilakukan.

Bamsoet mengatakan vaksin Covid-19 dari Pfizer maupun Moderna juga sudah mendapatkan izin edar penggunaan darurat dari Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, serta sudah digunakan untuk memvaksinasi rakyat negeri Paman Sam tersebut.

"Termasuk Presiden terpilih Joe Biden yang disuntik vaksin Pfizer, dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris yang disuntik vaksin Moderna," ujar Bamsoet usai bertemu Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, H.E. Mr. Sung Yong Kim, di Ruang Kerja Ketua MPR RI, di Jakarta, Selasa (19/1/21).

Ketua ke-20 DPR RI ini mengungkapkan Johnson and Johnson melalui unit perusahaan Janssen Pharmaceutica juga sudah siap memproduksi massal vaksin Covid-19.
Menurutnya, kemungkinan izin penggunaan daruratnya akan diajukan pada Februari 2021 ke FDA. Kalau disetujui, kata Bamsoet, maka akan makin menambah banyak perusahaan farmasi asal AS yang bisa memproduksi vaksin.

"Tentunya sangat bagus bagi dunia, karena memiliki banyak amunisi melawan virus Covid-19. Jika memungkinkan, Indonesia akan turut bekerja sama dengan Johnson and Johnson dalam pengadaan vaksin," ungkap Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, sama halnya dengan Indonesia, walaupun sudah mulai melakukan vaksinasi terhadap rakyatnya, AS juga masih 'berperang' menghadapi lonjakan penyebaran virus Covid-19.

Berdasarkan data worldmeters Coronavirus, per 19 Januari 2021, AS masih berada di posisi pertama negara dengan penyebaran virus Covid-19 terbanyak di dunia.

Bamsoet mengatakan vaksin Covid-19 dari Pfizer maupun Moderna juga sudah mendapatkan izin edar penggunaan darurat dari Food and Drug Administration (FDA). Joe Biden dan Kamala Harris juga sudah disuntik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close