Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terima Laporan dari Bogor, Letjen Doni Beri Peringatan & Ancaman untuk Habib Rizieq

Minggu, 29 November 2020 – 19:31 WIB
Terima Laporan dari Bogor, Letjen Doni Beri Peringatan & Ancaman untuk Habib Rizieq - JPNN.COM
Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo menyesalkan sikap M Rizieq Shihab alias Habib Rizieq yang menolak penelusuran kontak atau contact tracing terkait penanggulangan Covid-19.

Doni yang juga ketua Satgas Penanganan Covid-19 mengaku telah menerima laporan dari Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiharto dan Direktur Utama RS UMMI Andi Tata perihal Rizieq yang sempat menjalani perawatan di hospital ibu dan anak itu.

"Saya telah menerima laporan dari Wali Kota Bogor Bapak Bima Arya dan Direktur Utama Rumah Sakit Ummi Andi Tatat. Atas laporan tersebut, Satgas Penanganan Covid-19 sangat menyesalkan sikap Saudara M Rizieq Shihab yang menolak untuk dilakukan penelusuran kontak," ujar Doni dalam siaran pers ke media, Minggu (29/11).

Mantan Danjen Kopassus itu menambahkan, Rizieq pernah melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19. Oleh karena itu Doni mengingatkan imam besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut bisa memberikan contoh kepada masyarakat.

"Kami meminta Saudara Rizieq sebagai tokoh masyarakat untuk kooperatif dan memberikan teladan dalam upaya penanggulangan pandemi Covid-19. Pemerintah akan melakukan langkah dan tindakan tegas bagi siapa pun yang melanggar ketentuan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat," ujar Doni.

Mantan komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu menegaskan bahwa dalam situasi pandemi Covid-19 yang masih terjadi penularan, setiap warga negara hendaknya menjalankan protokol kesehatan. Menurutnya, setiap warga negara semestinya sukarela untuk dites, ditelusuri kontak eratnya, serta bersedia menjalani perawatan atau karantina jika ternyata terjangkiti virus corona.


Doni menjelaskan, selain jurus 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun di air mengalir) juga ada strategi 3T atau testing (tes), tracing (telusur) dan treatment (tindak lanjut) dalam mengendalikan penularan Covid-19.

Menurutnya, 3T merupakan tindakan kemanusiaan dan nondiskriminatif dalam penanggulangan Covid-19. "Siapa pun wajib mendukungnya," tegasnya.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengaku telah menerima laporan dari Wali Kota Bogor Bima Arya dan RS UMMI perihal Rizieq Shihab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close