Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terima Penghargaan, Ketua DPD RI Sultan B Najamudin Bicara Soal Kemandirian Energi

Selasa, 15 Oktober 2024 – 08:49 WIB
Terima Penghargaan, Ketua DPD RI Sultan B Najamudin Bicara Soal Kemandirian Energi - JPNN.COM
Ketua DPD RI Sultan B Najamudin (kanan) menerima penghargaan dengan kategori Excellence In Empowering Local Representatives for Equality pada acara Repnas National Conference & Awarding Night: Energi Mandiri - Ekonomi Berdikari, yang diadakan di Auditorium Menara Bank Mega, Senin (14/10/2024).

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Sultan B Najamudin menerima penghargaan dengan kategori Excellence In Empowering Local Representatives for Equality pada acara Repnas National Conference & Awarding Night: Energi Mandiri - Ekonomi Berdikari, yang diadakan di Auditorium Menara Bank Mega, Senin (14/10/2024).

Dalam keynote speech-nya, Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menekankan pentingnya kemandirian energi sebagai kunci untuk mencapai ekonomi yang berdikari.

Menurut Sultan, kemandirian energi merupakan salah satu faktor utama dalam memastikan stabilitas ekonomi nasional.

Terlebih lagi, di Indonesia, konsumsi energi secara keseluruhan masih terus mengalami kenaikan dengan rata-rata sebesar 5,6 persen per tahun

“Sebagai negara net oil importer atau negara dengan jumlah impor minyak lebih tinggi daripada ekspor, Indonesia perlu memastikan ketersediaan energi murah yang cukup sebagai bahan bakar mesin ekonomi nasional,” ujar Sultan dalam acara yang juga dihadiri Ketua MPR RI Ahmad Muzani, Wakil Ketua DPD RI Yorrys Raweyai, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan sejumlah anggota DPD RI ini.

Menurut Sultan, untuk mewujudkan kemandirian energi, pemerintah perlu melakukan intervensi kebijakan jangka panjang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya inflasi energi dan pangan.

Menurut Sultan, untuk menghadapi ancaman krisis energi, pangan, dan iklim yang semakin nyata, perlu dilakukan diversifikasi sumber energi dengan mengembangkan energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan biomassa.

“Ini akan mengurangi ketergantungan pada energi fosil dan menciptakan lapangan kerja baru di berbagai daerah,” tambahnya.

Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menerima penghargaan pada acara Repnas National Conference & Awarding Night: Energi Mandiri - Ekonomi Berdikari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA