Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terima Remisi Idulfitri, Dua Napi Lapas Curup Bengkulu Langsung Bebas

Rabu, 10 April 2024 – 19:30 WIB
Terima Remisi Idulfitri, Dua Napi Lapas Curup Bengkulu Langsung Bebas - JPNN.COM
Kepala Lapas Kelas llA Curup, Bengkulu, Ronaldo Davinci Talesa (pakai peci) saat menyerahkan SK remisi Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Foto: ANTARA/HO-Lapas Kelas llA Curup

jpnn.com, REJANG LEBONG - Dua narapidana Lapas Curup, Bengkulu langsung bebas setelah menerima remisi khusus Hari Raya Idulfitri.

Kepala Lapas Curup Ronaldo Davinci Talesa mengatakan jumlah napi Lapas Curup yang menerima remisi khusus Hari Raya Idulfitri sebanyak 500 orang.

"Total usulan remisi yang kita ajukan untuk sebanyak 513 WBP, tetapi yang disetujui 500 WBP, di mana dari jumlah itu dua di antaranya langsung dinyatakan bebas," kata dia dalam keterangan tertulis di Rejang Lebong, Rabu.

Dia menjelaskan, kalangan napi atau WBP yang menerima remisi di Lapas Curup tersebut berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Kepahiang dan Lebong serta beberapa daerah lainnya di Bengkulu.

Para WBP ini mendapatkan pengurangan masa hukuman satu bulan sebanyak 354 orang. Kemudian remisi khusus sesuai dengan PP 99 Tahun 2012 sebanyak 143 orang, serta remisi khusus (RK) 2 sebanyak tiga orang, di mana dua orang di antaranya dinyatakan langsung bebas.

"Dua orang yang langsung dinyatakan bebas ini merupakan warga binaan pemasyarakatan yang tersangkut kasus pencurian dan penganiayaan, " terangnya.

Menurut dia, pemberian remisi hari raya keagamaan ini diberikan kepada WBP beragama Islam. Pemberian remisi itu sendiri dilaksanakan setelah pelaksanaan shalat Idulfitri 1445 Hijriah.

Untuk mendapatkan remisi ini kalangan WBP harus memenuhi beberapa persyaratan, dan berdasarkan penilaian seperti berkelakuan baik dan selama enam bulan tidak melakukan pelanggaran serta mendapat asesmen tim Lapas Curup.

Dua narapidana Lapas Curup, Bengkulu langsung bebas setelah menerima remisi khusus Hari Raya Idulfitri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close