Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terkait Tumpahan Minyak, Pertamina Dinilai Sudah Proaktif

Kamis, 19 September 2019 – 20:43 WIB
Terkait Tumpahan Minyak, Pertamina Dinilai Sudah Proaktif - JPNN.COM
Petugas sedang membantu membersihkan tumpahan minyak. Foto dok Pertamina

jpnn.com, KARAWANG - Penanganan tumpahan minyak di perairan Karawang, Jawa Barat yang dilakukan Pertamina selama dua bulan terakhir dinilai sudah sesuai dengan standar industri migas di berbagai belahan dunia.

"Sudah tepat, sesuai dengan SOP (standart operational procedure) global,” kata Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro di Jakarta, Rabu (19/9).

Menurut dia, sudah seharusnya Pertamina melakukan penanganan berlapis seperti saat ini, yakni tidak hanya berusaha menutup sumur YYA-1 yang menjadi pusat kebocoran, namun juga membuat barikade agar tumpahan minyak tidak meluas, yang antara lain dilakukan melalui barikade oil boom.

Selain itu, Pertamina juga berusaha membersihkan ceceran minyak yang terbawa ombak hingga ke pantai. Termasuk di antaranya, melalui upaya pemberdayaan yang dilakukan kepada nelayan.

“Yang dilakukan Pertamina sudah proaktif, baik aspek teknis maupun aspek demografis dengan menata masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Terkait SOP global juga, Komaidi mengatakan penanganan memang harus dilakukan dengan segera, termasuk melakukan evakuasi jika memang diperlukan.

Pertamina, lanjut dia, sudah melakukan semua itu. BUMN tersebut dinilai sigap bertindak, termasuk melakukan evakuasi atau relokasi bagi warga yang terdampak.

Karena itu Komaidi tidak sependapat jika saat ini dilakukan investigasi dan pembukaan data, pasalnya yang harus dilakukan adalah menyelesaikan persoalan darurat terlebih dahulu, yaitu menutup kebocoran.

Hingga saat ini, Pertamina terus fokus menangani tumpahan minyak. Untuk menutup sumur YYA-1 Pertamina melakukan pengeboran miring (relief well) di dekat sumur tadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close