Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Terkuak! Temuan Benda Asing di Kotawaringin Barat Ternyata Milik Tiongkok

Rabu, 06 Januari 2021 – 15:59 WIB
Terkuak! Temuan Benda Asing di Kotawaringin Barat Ternyata Milik Tiongkok - JPNN.COM
Aparat Kepolisian dan TNI saat mendatangi TKP penemuan puing misterius di kawasan Teluk Ranggau, Desa Sungai Cabang, Kumai, Kobar, Kalteng. Foto: dok radar sampit/prokal

jpnn.com, KOTAWARINGIN BARAT - Benda asing berukuran besar yang ditemukan warga di Teluk Ranggau, Desa Sei Cabang, Kumai, Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng akhirnya terkuak.

Spekulasi bahwa serpihan itu milik pesawat  Air Asia QZ8501 yang mengalami kecelakaan akhir tahun 2014 silam terpatahkan.

Sumber Radar Sampit menyebutkan potongan logam mirip cerobong tersebut diduga kuat merupakan bagian dari badan roket pembawa wahana antariksa yang diduga meledak saat diluncurkan menuju orbitnya pada 10 April 2020 silam.

Akibat ledakan itu puing-puing roket jatuh diperairan Laut Jawa dan diduga terbawa ombak besar sehingga terdampar di Teluk Ranggau.

Disebutkan pada puing tersebut terdapat logo dan tulisan CNSA yang kemungkinan merupakan singkatan dari China National Space Administration atau badan antariksa Tiongkok.

"Serpihan material dan beberapa temuan lainnya di TKP diamankan di Pos AL Kumai, sembari menunggu kedatangan KNKT," ujarnya.

Serpihan material yang berhasil ditemukan berbentuk setengah tabung dengan panjang 8 meter dan diameter 5 meter.

Barang temuan pendukung lainnya berupa elektrik plak dengan kode YF 19-46TJa WFC, kode YF 19-46TJa WFC2, pelat tanpa kode ada 2 jenis, diduga elektrik selenoid kode BLS-300C 34-1 19C, serpihan Hanicom dari alumunium, dan serpihan fiber.