Alexa Analytics

Terminal Baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin Mulai Beroperasi Hari Ini

Selasa, 10 Desember 2019 – 15:15 WIB
Terminal Baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin Mulai Beroperasi Hari Ini - JPNN.COM
Terminal Baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Foto dok Angkasa Pura I

jpnn.com, BANJARMASIN - Terminal baru Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin hari ini mulai beroperasi, Selasa (10/12). 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, beroperasinya terminal baru yang dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 2 triliun ini menjawab permasalahan lack of capacity yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Di mana trafik penumpang Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada 2018 sudah mencapai 3,9 juta penumpang. Sementara kapasitas ideal terminal lama hanya dapat menampung 1,6 juta penumpang per tahun. 

"Dengan adanya terminal baru ini, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin memiliki kapasitas 7 juta penumpang per tahun, hampir lima kali lebih besar dari terminal lama," jelas Faik usai melakukan peninjauan.

Denga begitu pada momen libur natal dan tahun baru kali ini, masyarakat Banjarmasin dan Kalimantan Selatan sudah bisa menikmati fasilitas terminal penumpang yang serba modern, lebih luas, dan lebih nyaman.

"Pengoperasian terminal baru ini juga merupakan bentuk kontribusi kami dalam merespon perkembangan perekonomian Kalimantan Selatan,” imbuh Faik.

Pengoperasian perdana terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini juga ditandai dengan seremoni pengalungan bunga dan pemberian suvenir kepada penumpang pesawat yang berangkat dan mendarat pertama melalui terminal baru. 

Penerbangan pertama yang melalui terminal baru yaitu Lion Air JT311 tujuan Jakarta pukul 06.00 WITA. Sedangkan kedatangan perdana yang melalui terminal baru ini yaitu Garuda Indonesia GA 530 dari Jakarta yang mendarat pukul 07.25 WITA.(chi/jpnn)

loading...