Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Tertular Semangat Gotong Royong, WNA di Indonesia Ikut Bantu Warga Lokal

Kamis, 30 April 2020 – 15:13 WIB
Tertular Semangat Gotong Royong, WNA di Indonesia Ikut Bantu Warga Lokal - JPNN.COM
Beberapa orang Australia telah memilih untuk bertahan di 'rumah' baru mereka dan membantu orang-orang yang telah kehilangan penghidupan. (Supplied)

Ada sejumlah warga asing yang tidak pulang ke negaranya dan memilih untuk tetap tinggal di Indonesia saat pandemi virus corona. Mereka ikut membantu warga Indonesia dalam menolong sesama yang mengalami kesulitan.

Semangat gotong-royong yang dilakukan oleh sesama warga negara Indonesia selama pandemi COVID-19 telah menginspirasi warga ekspatriat, atau warga negara asing di Indonesia.

Seperti yang diakui Tara McGowan, dosen di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), yang tergerak membantu warga setelah melihat orang-orang membagikan kebutuhan pokok kepada pengendara motor di jalanan.

"Hampir setiap kali dalam perjalanan ke supermarket, saya melihat sebuah mobil berhenti di pinggir jalan dan ada keluarga yang membagikan kardus makanan kepada pengendara motor yang lewat," kata Tara yang sudah tinggal di Yogyakarta sejak tahun 2006.

"Ada juga teman saya … pemilik restoran, setiap hari Rabu ia membagikan sekitar 150 makanan untuk perawat dan dokter di UGD sebuah rumah sakit," kata Tara memberikan contoh lain.

Tara mengatakan, apa yang dilakukan warga Indonesia ini telah mendorongnya untuk juga berbagi.

Tertular Semangat Gotong Royong, WNA di Indonesia Ikut Bantu Warga Lokal Photo: Tara dan keluarganya telah melakukan apa yang bisa mereka lakukan untuk menolong tetangga mereka. (Supplied)

 

"Saya tahu bahwa orang Indonesia itu sangat, sangat baik, dan adalah pemberi. Inilah mengapa saya dan suami mau mencoba memberi juga."

loading...