Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terungkap, Sejumlah Tokoh Ini Berkontribusi Mendirikan Universitas Pertahanan

Sabtu, 17 Juli 2021 – 19:00 WIB
Terungkap, Sejumlah Tokoh Ini Berkontribusi Mendirikan Universitas Pertahanan - JPNN.COM
Universitas Pertahanan. Ilustrasi. Youtube

jpnn.com, JAKARTA - Hampir semua orang tahu tentang Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah. Inilah kawah Candradimuka untuk mendidik para perwira militer yang menjadi tulang punggung TNI.

Namun, masih banyak yang baru tahu tentang Universitas Pertahanan (Unhan) ketika terjadi kehebohan saat Sidang Guru Besar Unhan menganugerahi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri gelar Profesor Honoris Causa.

Berbeda dengan Akmil yang sudah berdiri sejak tahun 1945, Unhan baru berdiri tahun 2009, 64 tahun sejak Indonesia merdeka.

Didirikan atas inisiatif Presiden SBY, Unhan kini tegak kukuh berdiri di kawasan Sentul, Bogor.

Indonesia patut berbangga karena hanya 19 negara di dunia ini yang memiliki universitas pertahanan (defence university).

Namun, siapa yang berperan penting mendirikan Unhan? Dari berbagai sumber diketahui Presiden SBY menugaskan Guru Besar UI yang sempat menjadi Menteri Pertahanan Prof. Dr. Yuwono Sudarsono dan Letjen TNI Syarifuddin Tippe, yang kelak menjadi Rektor pertama Unhan.

Tentu saja dua orang senior ini tidak mungkin bekerja sendiri. Channel MPS di Youtube mengungkapkan bahwa di level teknis operasional, ada sekelompok kecil perwira muda yang pagi siang malam bekerja mewujudkan kerja besar ini.

“Di antaranya adalah Letkol Andika Perkasa, sekarang Jenderal TNI, yang jadi KSAD dan salah satu calon Panglima TNI. Satu lagi adalah AHY, yang waktu itu berpangkat Kapten," ungkap kata Mayor (Purn) Muhammad Saleh Karaeng Sila dalam siaran pers pada Sabtu (17/7).

Indonesia patut berbangga karena hanya 19 negara di dunia ini yang memiliki universitas pertahanan (defence university).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close