Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tes PPPK, Skor Tertinggi Kompetensi Teknis

Minggu, 24 Februari 2019 – 00:45 WIB
Tes PPPK, Skor Tertinggi Kompetensi Teknis - JPNN.COM
Tes PPPK menggunakan sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tes PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tahap I yang digelar kemarin dan hari ini (24/2) diikuti 73.495 peserta. Mereka harus menyelesaikan 100 soal ujian dalam waktu 120 menit.

Seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara berbasis komputer. Materi tes terdiri dari tiga sub tes.

”Rinciannya, 40 soal kompetensi manajerial, 40 soal kompetensi teknis, 10 soal kompetensi sosio-kultural, dan 10 soal wawancara,” terang Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Mohammad Ridwan.

Adapun nilai maksimal pada masing-masing sub tes. Skor 40 untuk kompetensi manajerial dengan nilai 1 jika jawaban benar dan 0 jika salah.

Kompetensi teknis memiliki skor maksimal tertinggi dengan 120 poin. Jawaban benar bernilai 3 poin dan 0 jika salah. Kemudian, kompetensi sosio-kultural sebanyak 20 poin dengan nilai 2 jika benar dan 0 jika salah.

BACA JUGA: Berikut Ini Bobot Nilai Materi Tes PPPK

Sementara itu, wawancara berbasis komputer memiliki skor maksimal 30 poin dengan nilai 3 atau 2 atau 1 untuk jawaban yang diberikan dan 0 jika tidak menjawab. Panitia menerapkan passing grade sebagai standar minimal kelulusan.

”Passing grade sifatnya kumulatif. Yakni, nilai gabungan kompetensi manajerial, sosio kultural dan teknis minimal 65 poin. Sedangkan, nilai wawancara minimal 15 poin,” beber Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir.

Peserta tes PPPK alias pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja harus menyelesaikan 100 soal ujian dalam waktu 2 jam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close