Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Thailand-Kamboja Sepakat Bahas Konflik di Bilateral

Selasa, 10 Mei 2011 – 13:30 WIB
Thailand-Kamboja Sepakat Bahas Konflik di Bilateral - JPNN.COM
JAKARTA - Upaya Indonesia untuk membantu penyelesaian konflik perbatasan dua negara Thailand-Kamboja, berjalan di tempat. Pertemuan trilateral antara Menlu Indonesia, Thailand dan Kamboja, tidak membuahkan hasil yang konkrit. Kedua negara yang tengah bertikai tersebut, belum menentukan sikap terkait permintaan masing-masing pihak. Kedua negara hanya menyepakati rekomendasi yang disampaikan Indonesia, serta mendiskusikan rekomendasi tersebut dengan kepala negara masing-masing.

"Hasil dari pertemuan tadi, adalah kesepakatan atas a package of solution yang direkomendasikan Indonesia. Jadi tidak lagi bicara siapa yang ambil langkah lebih dahulu (untuk memenuhi permintaan masing-masing negara). Tapi diselesaikan melalui sebuah proses, bukan berdasarkan event atau kejadian," urai Menlu RI Marty Natalegawa, usai menggelar pertemuan dengan Menlu Thailand Kasit Piromya dan Menlu Kamboja Hor Namhong, di Gedung Pancasila, komplek Kemlu, kemarin (9/5).

Marty melanjutkan, dalam pertemuan yang memakan waktu hampir tiga jam tersebut, telah tercapai konsensus di tingkat Menlu, yang memuat kerangka acuan penyelesaian konflik secara keseluruhan. Isi konsensus tersebut akan disampaikan kepada kepala negara masing-masing, untuk menentukan langkah lebih lanjut.

Meski konsensus tersebut masih jauh, setidaknya kedua negara menyepakati sejumlah langkah yang harus diambil dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, persetujuan untuk kembali menggelar pertemuan bilateral melalui forum Joint Commission on Demarcation for Land Boundary (JBC) dan The General Border Committee (GBC). Selain itu, kedua negara juga sepakat untuk kembali membicarakan penempatan tim peninjau dari Indonesia di kawasan perbatasan Thailand-Kamboja, termasuk persyaratan yang diajukan masing-masing pihak. Di mana Thailand bersikukuh belum akan menyetujui penempatan tim peninjau, jika Kamboja belum juga menarik pasukannya dari wilayah sengketa.

JAKARTA - Upaya Indonesia untuk membantu penyelesaian konflik perbatasan dua negara Thailand-Kamboja, berjalan di tempat. Pertemuan trilateral antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA