Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Tiba-tiba Rizal Ramli Cerita Dialognya dengan Megawati

Sabtu, 11 Juli 2020 – 12:10 WIB
Tiba-tiba Rizal Ramli Cerita Dialognya dengan Megawati - JPNN.COM
Rizal Ramli. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ekonom senior Rizal Ramli mengatakan bahwa Presiden Pertama RI Soekarno sudah gemar membaca sejak muda.

Rizal pun mengenang Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, putri sang proklamator kemerdekaan pernah menyebutnya seperti Soekarno yang di mana-mana selalu dekat dengan buku.

Rizal mengatakan bahwa Presiden Kedua RI Soeharto, dan Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid, juga memiliki hobi membaca.

"Soekarno banyak baca sejak muda. Mega pernah bilang ke RR: “Kamu kaya bapak, dimana2 buku, bahkan di toilet”. Soeharto baca sekitar 200 hal memo notes par hari. Gus Dur baca semua sebelum ada masalah mata, setelah itu kita gantian bacain dan brief. Buku jendela dunia," twit Rizal di akun Twitter @RamliRizal, Sabtu (11/7).

Mantan anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu juga mengingat dialognya dengan Megawati. Terutama soal Soekarno.

"Mega pernah katakan tahun 2001, “Rizal kamu kayak bapak, dimana-mana buku, ndak sabaran”. Saya jawab, “Kalo Bung Karno dan tokoh2 kemerdekaan sabar, sampai hari ini Indonesia belum akan merdeka”," twit Rizal.

Menteri era Gus Dur dan periode pertama kepemimpinan Presiden Jokowi itu menegaskan bahwa, "Orang2 pergerakan susah menahan sabar lihat bangsanya makin nyungsep & KKN." (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

loading...