Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tidak Gampang Menggaet Ridwan Kamil jadi Pendamping Ganjar, Tunggu Kejutan

Jumat, 08 September 2023 – 07:10 WIB
Tidak Gampang Menggaet Ridwan Kamil jadi Pendamping Ganjar, Tunggu Kejutan - JPNN.COM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (28/1). Foto: Dokumen DPP PDIP

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Indonesia Ade Reza Hariyadi menilai Ridwan Kamil cocok jadi bakal cawapres mendampingi Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024.

Pasalnya, mantan Gubernur Jawa Barat itu dapat mendongkrak perolehan suara Ganjar Pranowo di Jabar. Sebab, Ridwan Kamil menguasai suara di Jawa Barat.

"Karena bagaimana pun juga basis politik suara Pak Ganjar utamanya berada di Jateng dan Jabar merupakan salah satu wilayah dengan konsentrasi pemilih yang paling besar di Indonesia. Jadi, mungkin itu menjadi pertimbangan," kata Reza dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (7/9).

Survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) awal Agustus lalu menunjukkan mayoritas pemilih di Jabar terkonsentrasi pada bacapres Prabowo Subianto sekitar 39,2 persen dan Anies Baswedan 29,6 persen.

Hasil survei LSI menunjukkan hanya sekitar 25,2 persen pemilih di Jabar yang menyatakan bakal memilih Ganjar.

Jika ditandemkan, menurut Reza, pasangan Ganjar-Kang Emil juga klop lantaran kinerja keduanya tergolong baik dalam memimpin provinsi masing-masing.

Hal itu tercermin dalam tingkat kepuasan publik terhadap Ganjar dan Kang Emil.

"Salah satu nilai tambah dalam membangun persepsi publik tentang keberhasilan mereka (Ganjar dan Kang Emil) dalam pemerintahan yang bisa direplikasi kalau mereka mencalonkan diri sebagai capres dan cawapres," terangnya.

Pengamat nilai Ridwan Kamil cocok jadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, tetapi itu tidak mudah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close