Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiga Peneliti Kanker Sabet Nobel Kesehatan

Senin, 05 Oktober 2009 – 17:45 WIB
Tiga Peneliti Kanker Sabet Nobel Kesehatan - JPNN.COM
Foto : AP
STOCKHOLM – Tiga ilmuwan Amerika Serikat yang meneliti dampak kanker terhadap penuaan yaitu Elizabeth Blackburn, Carol Greider dan Jack Szostak diumumkan sebagai pemenang hadiah Nobel bidang kesehatan. Pengumuan dilakukan hari ini di Stockholm, Swedia.

Dalam sebuah rujukan Komite Nobel tentang hasil penelitian trio ilmuwan AS itu disebutkan, masalah besar dalam ilmu biologi telah terpecahkan, yakni bagaimana kromosom bisa diperbanyak secara utuh selama sel melakukan pembelahan, dan bagaimana kromosom tersebut melindungi diri dari degradasi.

Disebutkan pula bahwa para pemenang Nobel itu telah menunjukan sebuah solusi yang ditemukan di ujung kromosom yang disebut telomeres, dan sebuah enzim yang membentuknya. Telomeres sering disamakan dengan plastik yang mengikat ujung tali sepatu agar tidak terurai.

"Penemuan oleh Blackburn, Greider dan Szostak telah menambah dimensi baru pada pemahaman kita akan sel, pengamatan terhadap mekanisme penyakit, serta mendorong pengembangan terapi baru yang potensial," sebut Komite Nobel dalam rujukannya seperti dikutip Associated Press.

STOCKHOLM – Tiga ilmuwan Amerika Serikat yang meneliti dampak kanker terhadap penuaan yaitu Elizabeth Blackburn, Carol Greider dan Jack Szostak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close