Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiga Skenario Untuk Loloskan Indonesia ke Semifinal

Selasa, 12 September 2017 – 08:23 WIB
Tiga Skenario Untuk Loloskan Indonesia ke Semifinal - JPNN.COM
Skuad Timnas Indonesia U-19 saat menjalani latihan. Foto: Dika Kawengian/Jawa Pos

jpnn.com, YANGON - Kekalahan telak Timnas Indonesia U-19 0-3 dari Vietnam U-19 dalam laga lanjutan grup B Piala AFF U-18, Senin (11/9) sore menjadikan posisi skuat Garuda Nusantara tidak aman untuk lolos ke babak semifinal. Setidaknya, ada beberapa skenario atau jalan untuk mengamankan posisi Indonesia agar lolos.

Peluang Indonesia sejatinya terbuka lebar, tapi menjadi berat, karena di laga terakhir, Vietnam dan Myanmar yang menjadi pesaing Rachmat Irianto dkk harus saling jumpa pada Rabu (13/9). Sementara, Indonesia harus berjumpa dengan Brunei Darussalam, yang juga punya peluang lolos meski tipis. Artinya, lolso tidaknya Indonesia, juga menunggu hasil dari laga lain.

Mengingat status Myanmar yang sebagai tuan rumah dan satu-satunya jalan mereka untuk lolos adalah dengan menang dari Vietnam, maka bisa dipastikan skuat asal negeri Junta Militer tersebut bakal berjuang habis-habisan. Indonesia pun demikian, tuntutan menang besar akan menjadi beban tersendiri, sehingga dipastikan bakal menyulitkan untuk bisa meraih skor dengan margin yang jauh.

Tiga skenario Indonesia agar lolos ke semifinal

Skenario pertama, Indonesia untuk lolos adalah mampu memenangi pertandingan dengan Brunei Darussalam dengan skor berapapun, tapi di sisi lain Vietnam mampu menaklukkan tuan rumah Myanmar. Dengan kemenangan lawan Brunei, Indonesia bisa meraup poin sembilan. Sementara Myanmar tetap di poin enam karena kalah dari Vietnam yang dipatikan semakin kokoh di puncak andai menang dengan torehan 12 poin.

Skenario kedua, Myanmar mampu mengalahkan Vietnam dengan skor berapapun. Otomatis, Indonesia juga harus meraih kemenangan besar atas Brunei. Melihat margin gol saat ini Vietnam surplus 15 dan Indonesia hanya +7, maka kemenangan Indonesia melawan Brunei setidaknya minimal 8-0. Itu dengan asumsi, Vietnam hanya kalah 0-1 dari Myanmar. Andai Myanmar mengalahkan Vietnam dengan 2-0, maka Indonesia hanya butuh kemenangan 7-0, dan demikian seterusnya.

Skenario ketiga, adalah saat skor antara Myanmar kontra Vietnam berakhir imbang. Dengan hitung-hitungan kedua tim hanya mendapatkan tambahan satu poin, maka Myanmar otomatis mengoleksi tujuh poin dan Vietnam sepuluh poin.

Dengan begitu, Indonesia hanya butuh kemenangan 1-0 saja atas Brunei untuk memastikan melaju ke semifinal. Sebab, dengan kemenangan Indonesia bisa meraup tambahan tiga poin, menjadi sembilan poin. Itu cukup untuk menjadi runner up grup B.

Peluang Indonesia sejatinya terbuka lebar, tapi menjadi berat, karena di laga terakhir, Vietnam vs Myanmar yang menjadi pesaing Timnas Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close