Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TikTok Bereksperimen Membuat Influencer AI, Banyak yang Khawatir

Senin, 15 April 2024 – 14:10 WIB
TikTok Bereksperimen Membuat Influencer AI, Banyak yang Khawatir - JPNN.COM
Ilustrasi TikTok kembangkan influencer AI. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - TikTok sedang bereksperimen menghadirkan influencer virtual berbasis kecerdasan buatan, atau artificial intelligence (AI).

Pengembangan influencer AI itu ternyata menuai kekhawatiran, khususnya dari para pembuat konten.

Hal itu dikarenakan influrncer AI itu memiliki tugas yang sama dengan pembuat konten, untuk membantu promosi produk pada layanan e-commerce TikTok.

Secara singkat, teknologi itu bakal menciptakan persona selebriti digital untuk pedagang di e-commerce TikTok, mereka akan mempromosikan produk seperti iklan berdasarkan skrip dan menyimpan rekomendasi.

Meski begitu, TikTok mengaku dalam penguji internal mereka ditemukan fakta bahwa pemengaruh virtual itu belum siap menggantikan posisi creator content manusia.

Para pemengaruh virtual berbasis AI itu dinyatakan belum siap mengisi waktu-waktu primetime, yang biasanya digandrungi penonton dan penjualannya pun lebih sedikit dibanding pembuat konten manusia.

Pada akhirnya, TikTok menyimpulkan bahwa hadirnya AI berguna untuk melengkapi dan bukan menggantikan kreator konten.

Pengiklan yang akrab dengan TikTok mengatakan bahwa pemengaruh virtual itu masih dalam pengembangan awal dengan tanggal peluncuran yang belum pasti.

TikTok sedang bereksperimen menghadirkan influencer virtual berbasis kecerdasan buatan, atau artificial intelligence (AI).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close