Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

TikTok dan WeChat Bisa Digunakan Lagi di AS

Jumat, 11 Juni 2021 – 03:25 WIB
TikTok dan WeChat Bisa Digunakan Lagi di AS - JPNN.COM
TikTok dan WeChat diblokir di toko aplikasi. Ilustrasi Foto: antara

jpnn.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mulai melakukan pembaruan sejumlah kebijakan yang pernah dikeluarkan selama masa pemerintahan Donald Trump, di antaranya soal larangan mengunduh TikTok dan WeChat.

Perintah eksekutif terbaru dari Presiden Biden mencabut larangan terhadap TikTok dan WeChat yang keluar Agustus lalu, serta delapan perusahaan teknologi finansial dan perangkat lunak lainnya.

Aturan baru itu memerintahkan Departemen Perdagangan untuk mengawasi aplikasi perangkat lunak seperti TikTok, yang bisa berdampak pada keamanan nasional.

Departemen Perdagangan diperintahkan untuk mengevaluasi secara berkala transaksi yang berisiko mengancam keamanan, ketahanan infrastruktur penting atau ekonomi digital negara.

Departemen diminta membuat rekomendasi dalam kurun waktu 12 hari demi melindungi data yang diperoleh dari pengguna di AS.

Perintah eksekutif yang dikeluarkan Presiden Biden mengharuskan badan intelijen dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS memberikan penilaian soal kerentanan dan ancaman terhadap negara dalam waktu 60 hari, kepada Departemen Perdagangan.

Perwakilan TikTok dan WeChat tidak memberikan tanggapan atas isu tersebut.

Pemerintahan Presiden Donald Trump memblokir TikTok dan WeChat sehingga tidak bisa diunduh di negara tersebut.