Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tim Gabungan di Siak Berjibaku Jaga Cagar Biosfer dari Ancaman Karhutla, Lihat

Minggu, 28 Juli 2024 – 11:16 WIB
Tim Gabungan di Siak Berjibaku Jaga Cagar Biosfer dari Ancaman Karhutla, Lihat - JPNN.COM
Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi bersama dua anggota TNI tengah menyiram api di Desa Tasik Serai, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak. Foto: Polres Siak.

jpnn.com, JAKARTA - Tim Polres Siak, dan instansi terkait lainnya berjibaku hingga larut malam untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) agar tidak merembet ke cagar biosfer Giam Siak Kecil.

Karhutla yang terjadi di Desa Tasik Serai, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, pada Sabtu Sabtu 27 Juli 2024, nyaris menjalar ke hutan lindung Giam Siak Kecil.

Water boombing, pengerahan alat berat untuk membuat sekat kanal, dan penyiraman secara langsung dilakukan petugas di lapangan, yang dipimpin oleh Kapolres Siak, AKBP Asep Sujarwadi.

Kurang lebih selama delapan jam, sejak pukul 11.00 WIB, akhirnya api berhasil diatasi pada pukul 19.00 WIB.

"Ada sekitar 10 hektare lahan terbakar di sebelah Cagar Biosfer. Beruntung api cepat dipadamkan sehingga tak menjalar ke hutan lindung itu. Ini kami juga masih di lokasi,” kata Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi saat dikonfirmasi JPNN.com Sabtu (27/7) malam.

Meski sudah padam, petugas masih berjaga di lokasi melakukan pendinginan, untuk mengantisipasi api menjalar ke kawasan Cagar Biosfer, Giam Siak Kecil.

"Sekitar lebih dari 40 personel saya bawa ke lokasi agar api padam dan tidak menjalar ke Cagar Biosfer," kata Asep.

Asep menambahkan pemadaman dibantu tim gabungan TNI, BPBD, Manggala Agni, MPA, dan RPK Arara Abadi. 

Tim Polres Siak, dan instansi terkait lainnya berjibaku hingga larut malam untuk memadamkan Karhutla agar tidak merembet ke cagar biosfer Giam Siak Kecil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA