Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tim SAR Temukan 1 Korban Banjir di Pesisir Selatan

Selasa, 12 Maret 2024 – 19:07 WIB
Tim SAR Temukan 1 Korban Banjir di Pesisir Selatan - JPNN.COM
Tim Search and Rescue (SAR) Kota Padang, Sumatera Barat mengevakuasi korban banjir dan longsor di Kabupaten Pesisir Selatan, Selasa (12/3/2024). Antara/HO-Humas SAR Padang.

jpnn.com - PADANG - Tim SAR kembali menemukan satu korban banjir dan tanah longsor di daerah Kota XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia itu berjenis kelamin laki-laki.

Dengan ditemukannya satu korban di wilayah XI Tarusan, hingga saat ini tercatat 31 korban meninggal dunia akibat musibah tersebut.

"Memasuki hari keenam pencarian, tim berhasil menemukan satu orang korban pada pukul 16.00 WIB dengan jenis kelamin laki-laki," kata Kepala Kantor Search and Rescue (SAR) Kota Padang Abdul Malik melalui rekaman video di Padang, Selasa (12/3).

Abdul Malik mengatakan korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Muhammad Zein Painan untuk proses identifikasi.

Sementara, untuk pencarian di sektor Kecamatan Bayang, hingga Selasa sore tim belum berhasil menemukan korban banjir dan tanah longsor yang dilaporkan hilang. Begitu juga dengan pencarian korban di sektor Tarusan, belum membuahkan hasil.

Sesuai standar operasional prosedur (SOP) pencarian korban hilang akibat bencana alam dilaksanakan selama tujuh hari. Artinya, Rabu (12/3) merupakan hari terakhir pencarian. Apabila lima korban lainnya tidak ditemukan, maka SAR bersama instansi terkait lainnya akan melakukan evaluasi.

Pemerintah daerah bersama SAR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta instansi lainnya terus berusaha mencari lima korban lain yang belum ditemukan.

Terpisah, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan bencana banjir dan tanah longsor diakibatkan oleh beberapa faktor, di antaranya intensitas curah hujan yang tinggi lebih dari 12 jam.

Tim SAR menemukan satu korban banjir di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar. Tim SAR masih terus melakukan pencarian terhadap 5 korban yang belum ditemukan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close